Trigonometry Hand Trick sebagai Metode dalam Pengajaran Fisika: Studi Kasus Materi Vektor

  • SITI TABAHYATI
  • FRIDA ULFAH ERMAWATI

Abstract

Peserta Didik (PD) sering kali merasa kesulitan untuk mengkaitkan antara konsep Fisika dengan konsep Matematika. Akan menjadi kendala apabila konsep Matematika yang menjadi ilmu prasyarat untuk memahami konsep Fisika belum diajarkan oleh Guru di sekolah. Sebagai contoh adalah materi Trigonometri (Matematika) yang baru diajarkan pada kelas X semester Genap di saat materi Vektor (Fisika) sudah harus diajarkan pada kelas X semester Ganjil. Ini menunjukkan memang selama ini ada masalah bagi PD untuk memahami materi Vektor. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan metode Trigonometry Hand Trick (THT) untuk mengajarkan materi Trigonometri. Tujuannya adalah untuk mengajarkan materi proyeksi Vektor dengan cara yang mudah dan menyenangkan, PD dapat dengan mudah menentukan nilai sin α, cos α, dan tan α untuk α sudut-sudut istimewa Trigonometri sehingga keterampilan softskill PD menjadi terlatih dan hasil belajarnya meningkat. Jenis penelitian ini pre experimental dengan desain one group pre-test and post-test. Kelas X MIPA 4 sampai MIPA 6 di SMA Negeri 1 Krembung dipilih sebagai sampel uji. Hasil observasi dari 2 orang pengamat menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar telah terlaksana dengan sangat baik yaitu 93,17 % untuk kelas X MIPA 4, 92,93 % MIPA 5, dan 89,51 % MIPA 6. Dengan THT, PD dapat menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen sudut-sudut α dengan mudah dan menyenangkan. Hasil belajar juga meningkat yang ditandai dengan hasil uji n-gain sebesar 0,71 untuk kelas X MIPA 4, 0,78 MIPA 5, dan 0,85 MIPA 6. Semua PD juga merespon dengan positif terhadap penggunaan metode THT ini.

Kata Kunci: Trigonometry Hand Trick, keterampilan softskill, Vektor, Trigonometri.

Published
2018-07-23
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 61