Validitas Instrumen Four-Tier Misconception Diagnostic Test untuk Materi Fluida Statis

  • LAILA ISFARA
  • FRIDA ULFAH ERMAWATI

Abstract

Abstrak

Miskonsepsi merupakan masalah yang harus dicegah dan diatasi sebab dapat mengganggu proses belajar siswa. Salah satu contoh miskonsepsi yang ditemukan oleh Peneliti adalah miskonsepsi pada materi Fluida Statis. Miskonsepsi ini dapat dideteksi dengan menggunakan instrumen four-tier misconception diagnostic test (FTMDT). Salah satu syarat kelayakan instrumen tes adalah validitas. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan produk instrumen FTMDT ditinjau dari aspek validitas khususnya validitas internal yang terdiri dari ranah isi, konstruk dan bahasa dan validitas eksternal yang meliputi validitas empiris isi dan validitas empiris konstruk (per butir soal). Validitas internal diperoleh melalui metode penilaian validasi oleh dosen ahli sedangkan validitas eksternal diperoleh melalui metode uji coba produk FTMDT. Pada penelitian ini, validitas internal ditentukan menggunakan persentase validitas sedangkan validitas eksternal ditentukan berdasarkan persentase jumlah False Positives (kombinasi jawaban benar, tingkat keyakinan tinggi, alasan salah, tingkat keyakinan tinggi) dan False Negatives (kombinasi jawaban salah, tingkat keyakinan tinggi, alasan benar, tingkat keyakinan tinggi) dan menggunakan persamaan korelasi Product Moment. Diperoleh hasil bahwa instrumen yang dikembangkan memiliki validitas internal untuk ranah isi, konstruk dan bahasa berturut-turut sebesar 88 %, 90 % dan 96 %. Validitas empiris isi terpenuhi dengan masing-masing nilai False Positives dan False Negatives adalah sebesar 4,37 % dan 3,19 %. Validitas empiris konstruk untuk tiap butir soal berada pada rentang 0,264 ≤ rxy ≤ 0,712. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan maka produk instrumen tes yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Validitas, Miskonsepsi, Tes Diagnostik Miskonsepsi Berformat Four-tier, Fluida Statis

Abstract

Misconception is a problem that must be prevented and overcome because it can interfere students learning process. An example of misconception found by researcher is misconception in Static Fluid concepts. This misconception can be detected using a four-tier misconception diagnostic test (FTMDT). A good instrument has to be valid. The aim of this study was to determine the worthiness of the instrument in terms of the validity aspect especially the internal validity which was evaluated from the aspects of content, construct, and the language of the instrument and the external validity which covered the empirical content validity and the empirical construct validity (each item). Internal validity was obtained through validation assessment by expert lecturers while external validity was obtained through the implementation of FTMDT. The internal validity of the instrument was determined from the percentage of the validity for each aspects and the external validity was determined using the percentage of False Positives (combination of the correct answer, high confidence, false reason and high confidence) and False Negatives (combination of the false answer, high confidence, correct reason and high confidence) and Product Moment correlation. The developed instrument has the internal validity of 88 %, 90 % and 96 % each for the content, construct and language aspects. The empirical content validity contained FP and FN values of 4,37 % and 3,19 % respectively. The empirical construct validity of each item is in the range of 0,264 ≤ rxy ≤ 0,712. Based on the data above, the developed instrument is worth to be used.

Keywords: Validity, Misconception, Four-tier Misconception Diagnostic Test, Static Fluid Concepts

Published
2018-09-18
Section
Articles
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 428