PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK MISKONSEPSI BERFORMAT FOUR-TIER UNTUK MATERI SUHU, KALOR DAN PERPINDAHANNYA

  • JULI INDAH UTARI
  • FRIDA ULFAH ERMAWATI

Abstract

Abstrak

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang tidak terlepas dari Ilmu Fisika. Sebagai contoh api unggun yang dapat menghangatkan badan siswa di malam hari merupakan hantaran panas secara radiasi. Hangatnya badan karena api unggun pada malam hari merupakan pengetahuan awal yang dimiliki siswa (prakonsepsi). Di sekolah guru mengajarkan konsep-konsep Fisika. Apabila siswa tidak mampu membuat hubungan benar antara prakonsepsi-prakonsepsi yang dimiliki dengan informasi baru yang disampaikan oleh guru maka akan menimbulkan miskonsepsi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan instrumen four tier misconception diagnostic test (FTDT) pada materi Suhu, Kalor dan Perpindahannya. Tujuannya adalah menentukan kelayakan instrumen FTDT yang dikembangkan ditinjau dari aspek validitas dan reliabilitas, serta mengidentifikasi profil miskonsepsi siswa pada materi Suhu, Kalor dan Perpindahannya. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model pengembangan R & D (research and develompment). Siswa kelas XI MIPA 2 sampai XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Sidoarjo dipilih sebagai sampel uji coba. Uji coba dilakukan sebanyak 2 kali yakni Uji Coba 1 dan Uji Coba 2. Uji Coba 1 yang dilakukan kepada 70 siswa Kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 digunakan untuk menentukan validitas dan reliabilitas produk instrumen FTDT yang dikembangkan. Sedangkan Uji Coba 2 dilakukan kepada 32 (XI MIPA 4) siswa untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa materi Suhu, Kalor dan Perpindahannya. Hasil Uji Coba 1 menunjukkan bahwa instrumen FTDT yang dikembangkan dikategorikan valid dengan persentase siswa menjawab jawabaan benar, alasan salah, serta tingkat keyakinan tinggi (FP) dan siswa menjawab jawaban salah, alasan benar, serta tingkat keyakinan tinggi (FN) masing-masing sebesar 9,82 % dan 9,10 %; validitas empiris konstruk sebesar 0, 8185; reliabilitas instrumen yang diperoleh menggunakan perhitungan Alpha Cronbach adalah sebesar 1,067. Sedangkan untuk hasil Uji Coba 2 menunjukkan bahwa mayoritas siswa mengalami miskonsepsi pada materi Suhu, Kalor dan Perpindahannya.

Kata Kunci: four tier test diagnostic, miskonsepsi, Suhu, Kalor dan Perpindahannya

Abstract

In daily life, everyone can’t be separated from Physics. For example, a bonfire that can warm a students body at night is a radiant heat transfer phenomenon. The warmth of the body due to the campfire at night is the initial knowledge possessed by the students (preconception). At school, the teacher teaches the concepts of physics. If students can’t make the right relationship between the preconceptions with new information conveyed by the teacher, it will lead to misconceptions. This study was intended to develop a four-tier misconception diagnostic test (FTDT) for Temperature and Heat Transfer concepts. The aim was to determine the worthiness of the FTDT instrument in terms of the validity and the reliability aspects and to identify students’s misconception profiles on the Temperature and Heat Transfer concepts. R & D (research and development) model was used in this study. The students of XI MIPA 2, XI MIPA 3 and XI MIPA 4 was chosen as the test sample. The trial of the FTDT instrument was conducted twice, namely Trial 1 and Trial 2. The Trial 1 was conducted to the 70 students of XI MIPA 2 and XI MIPA 3 in order to determine the validity and the reliability of the instrument. Whereas Trial 2 was conducted to 32 (XI MIPA 4) students to identify the student’s misconceptions profiles. The data obtained from Trial 1 shows that the developed instrument is categorized as a valid instrument with the percentage of FP and FN is 9.82 % and 9.10 % respectively; the empirical construct validity is 0, 8185; the instrument reliability that was obtained using Alpha Cronbach correlation is 1.067. Whereas the results of the Trial 2 show that the majority of the XI IPA 4 students experienced misconceptions on the Temperature and Heat Transfer concepts.

Keywords : four tier test diagnostic, misconsepcion, temperature and heat transfer


Published
2018-09-18
Section
Articles
Abstract Views: 241
PDF Downloads: 232