VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK MISKONSEPSI BERFORMAT FOUR-TIER PADA MATERI ALAT OPTIK

  • FITRI ROHMANASARI
  • FRIDA ULFAH ERMAWATI

Abstract

Abstrak

Miskonsepsi merupakan masalah yang paling sering terjadi dalam dunia pendidikan yang harus dideteksi sejak dini agar tidak mempengaruhi konsep berikutnya. Paper ini dimaksudkan untuk melaporkan hasil pengembangan four-tier misconception diagnostic test (FTMDT) pada materi Alat Optik. Tujuan dari Penelitian ini ialah untuk menentukan kelayakan instrumen FTMDT yang ditinjau dari aspek validitas (validitas internal dan eksternal) dan reliabilitas. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan R & D (research and development). Validitas internal diperoleh dari hasil validasi dua orang Dosen Fisika sedangkan validitas eksternal dan reliabilitas diperoleh dari hasil uji coba kepada 60 orang peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Cerme Gresik. Hasil validitas internal untuk masing-masing ranah yaitu isi, konstruk, dan bahasa sebesar 97 %, 90 %, dan 92 %. Validitas eksternal diperoleh nilai false positives (FP) dan false negatives (FN) sebesar 8 % dan 7 %, nilai persentase yang didapatkan masing-masing kurang dari 10 % sehingga dinyatakan valid secara eksternal. Nilai korelasi pearson product moment (rxy) sebesar 0,600 dan indeks reliabilitas sebesar 0,580, kedua nilai tersebut lebih besar dari rtabel yang artinya instrumen FTMDT yang dikembangkan valid dan reliabel sehingga layak untuk digunakan.

Kataikunci: Miskonsepsi, Tes diagnostik four-tier, Materi Alat Optik, Validitas, dan Reliabilitas

Abstract

Misconception is the most common problem in the world of education that must be detected early so as not to affect the others concept. This paper is intended to report the results of the development of a four-tier misconception diagnostic test (FTMDT) on Optical Instrument material. The purpose of this study was to determine the feasibility of the FTMDT instrument in terms of the aspects of validity (internal and external validity) and reliability. This research uses a research and development model. Internal validity was obtained from the results of the validation of two Physics Lecturers while external validity and reliability were obtained from the results of trials on 60 students of the Sciences Classes, 12th grade in Senior High School 1 Cerme Gresik. The results of internal validity for each domain are content, construct, and language at 97%, 90%, and 92%. External validity is obtained by false positives (FP) and false negatives (FN) values ​​of 8% and 7%, the percentage value obtained is less than 10%, so it is declared externally valid. The value of Pearson product moment correlation (rxy) is 0.600 and the reliability index is 0.580, the two values ​​are also bigger than rtable, which means that the developed FTMDT instrument is valid and reliable so it is proper to use.

Keywords: Misconception, Four-tier diagnostic test, Optical instrument material, Validity, and Reliability

Published
2019-05-13
Section
Articles
Abstract Views: 204
PDF Downloads: 229