Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tertimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Hukum Newton tentang Gerak di SMA Negeri 1 Gedangan
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatan keterampilan proses sains (KPS), serta respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing padaImateriIhukumInewtonItentangIgerak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desainioneigroupipre-test andipost-test yang diterapkan padaisiswa kelas X-MIA 2, X-MIA 3, dan X-MIA 7. Data menggunakan lembar validasi, tes, keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Peningkatan keterampilan proses sains dianalisis menggunakan nilai n-gain yang ternormalisasi dan uji t-berpasangan untuk mengetahui sigifikasi rerata gain yang diperoleh dari selisih nilai pre-test dan post-test. Keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing terlaksana dengan sangat baik. Rata-rata nilai gain sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing mengalami peningkatan yang signifikan. Begitupula berdasarkan analisis ANAVA, terjadi peningkatan yang konsisten antara ketiga kelas. Respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa di SMA Negeri 1 Gedangan.
Kata Kunci : yInkuiri,terbimbing, keterampilan,proses,sains, hukum,newton,tentang,gerak
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

