Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tertimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Hukum Newton tentang Gerak di SMA Negeri 1 Gedangan

Authors

  • MELISA DIANA PUTRI
  • TITIN SUNARTI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatan keterampilan proses sains (KPS), serta respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing padaImateriIhukumInewtonItentangIgerak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desainioneigroupipre-test andipost-test yang diterapkan padaisiswa kelas X-MIA 2, X-MIA 3, dan X-MIA 7. Data menggunakan lembar validasi, tes, keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Peningkatan keterampilan proses sains dianalisis menggunakan nilai n-gain yang ternormalisasi dan uji t-berpasangan untuk mengetahui sigifikasi rerata gain yang diperoleh dari selisih nilai pre-test dan post-test. Keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing terlaksana dengan sangat baik. Rata-rata nilai gain sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing mengalami peningkatan yang signifikan. Begitupula berdasarkan analisis ANAVA, terjadi peningkatan yang konsisten antara ketiga kelas. Respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa di SMA Negeri 1 Gedangan.

Kata Kunci : yInkuiri,terbimbing, keterampilan,proses,sains, hukum,newton,tentang,gerak

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

02-08-2018

How to Cite

DIANA PUTRI, M., & SUNARTI, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tertimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Hukum Newton tentang Gerak di SMA Negeri 1 Gedangan. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/25109

Issue

Section

Articles
Abstract views: 77 , PDF Downloads: 54

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>