UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA SMA UNTUK MATERI ALAT OPTIK

Authors

  • NANDAH AYU ROSDIANA DEWI
  • TITIN SUNARTI

Abstract

Tujuan penlitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model guided inquiry dapat meningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi alat optik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian true eksperimen dengan desain control grup pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kedamean MIA I dan MIA 3.Pengumpulan data penelitian mengunakan metode tes, angket, obevasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian mengunkan uji t dua pihak dan satu pihak. Hasil data analisis diketahui bahwa nilai uji t dua pihak dan uji t satu pihak terdapat perbedaan yang signifikan, dari uji t satu pihak menunjukan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil dua data disimpulkan bahwa model pembelajaran quided inquiry mampu mningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik.

Kata kunci: literasi sains, model pembelajaran guided inquiry

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

07-08-2018

How to Cite

AYU ROSDIANA DEWI, N., & SUNARTI, T. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA SMA UNTUK MATERI ALAT OPTIK. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/25161

Issue

Section

Articles
Abstract views: 193 , PDF Downloads: 294

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>