PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI MOJOAGUNG

  • YUAZULFA WIDYA SAFIRA
  • TITIN SUNARTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan proses sains, dan respons siswa terhadap penerapan model inkuiri terbimbing pada materi fluida statis. Subjek penelitian ini berjumlah 98 siswa yang berada di tiga kelas. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes keterampilan proses sains, dan angket respon. Jenis penelitian ini yaitu pre-experimental dengan rancangan penelitian One group pretest-posttest `desaign. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan uji t-berpasangan dan n-gain. Hasil penelitian didapatkan: (1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model inkuiri mendapatkan skor 3,3 dengan kategori baik; (2) keterampilan proses sains siswa meningkat secara signifikan dengan kategori sedang setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing; (3) respon siswa terhadap penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing berkategori sangat baik di ketiga kelas. Kesimpulan dari analisis penelitian bahwa penerapan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains.

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, fluida statis.

This study aims to determine the implementation of inquiry learning model, science process skills, and student responses through the application of inquiry model on fluid static. The subject of this study is 98 students in all three classes. The research instrument used an observation sheet of learning implementation, a scientific process skills test, and a response questionnaire. This type of research in pre-experiment with One group pretest-posttest desaign. The collected data were analyzed using paired t-test and n-gain. The results of this study indicated that: (1) The qimplementation of learning qusing the guided inquiry model gets a score ofq3,3 with a qood category; (2) the result of science process skills increased singnificantly with the medium category after applied guided inquiry learning model; (3) students responded to the application of guided inquiry qodel in categorized learning is very good in all three classes. The conclusion of the research analysis is that the application of guided inquiry can improve science process skills.

Keyword: guided inquiry, science process skills, fluid static.









Published
2018-11-01
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 47