PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS

Authors

  • REZA FAHMITULLAH AL AZIS
  • ZAINUL ARIFIN IMAM SUPARDI

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mendesripsikan hasil keterlaksanaan, peningkatan keterampilan proses sains siswa, serta respon siswa setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi getaran harmonis. Penelitian dialaksanakan menggunakan tiga kelas sebagai sampel, dimana satu kelas sebagai eksperiman dan dua kelas replikasi yang dipilih secara purposive sampling, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah pre Eksperimen desain. Metode penelitian yang digunakan adalah metode validasi, observasi, tes, dan angket. Instumen tes yang digunakan berupa soal uraian yang dikerjakan oleh siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas, kelas experimen dan kelas replikasi terdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterlasanaan pembelajaran pada ketiga kelas disetiap pertemuannya berategori sangat baik berdasakan fase pembelajaran inkuiri terbimbing, 2) hasil keterampilan proses sains siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing, 3)berdasaran hasil anget respon, siswa memberikan tanggapan sangat baik terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing.

Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains


Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-06-2019

How to Cite

FAHMITULLAH AL AZIS, R., & ARIFIN IMAM SUPARDI, Z. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/28546

Issue

Section

Articles
Abstract views: 45 , PDF Downloads: 35

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>