PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS UNTUK MENINGKATKAN ARGUMENTASI ILMIAH MATERI GETARAN HARMONIS

  • GABRIELA AZIZAH ANWARUDIN Universitas Negeri Surabaya
  • SETYO ADMOKO Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik baik secara tertulis maupun secara lisan, dan respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran diskusi kelas pada materi getaran harmonis. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk the matching-only pretest-posttest control group design. Jumlah kelas yang digunakan adalah 2 kelas, yaitu X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada materi getaran harmonis dengan menerapkan model pembelajaran diskusi kelas dapat terlaksana dengan sangat baik dengan skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dari kedua kelas sebesar 3,18. Peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik secara tertulis pada kelas X IPA 3 dan X IPA 5 berada pada level 2 menjadi level 3. Berdasarkan uji n-gain pada soal argumentasi dan soal evaluasi, diperoleh bahwa peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik secara tertulis dalam kategori sedang, pada kelas X IPA 3 berturut-turut sebesar 0,668 dan 0,631 sedangkan pada kelas X IPA 5 sebesar 0,539 dan 0,681. Peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik secara lisan pada kelas X IPA 3 berada pada level 1 menjadi level 3, sedangkan pada kelas X IPA 5 berada pada level 1 menjadi level 2. Respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran diskusi kelas pada materi getaran harmonis berada dalam kriteria baik.

Kata kunci: Model Pembelajaran Diskusi Kelas, Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik, Getaran Harmonis

Published
2019-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 131
PDF Downloads: 152