Pembelajaran IPA-Fisika Materi Cahaya dengan Gabungan Model Pembelajarana Kooperatif dan Pengajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Abstract
Penelitiaan ini adalah penelitian pra eksperimental yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA-fisika siswa pada materi cahaya, yang meliputi: (1) kognitif produk, dan (2) afektif setelah diterapkan gabungan model pembelajaran kooperatif dan pengajaran langsung. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan:(3) keterlaksanaan, dan (4) respon siswa terhadap proses belajar mengajar tersebut; dan (5) untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas replikasi, meliputi: (a) hasil belajar produk, (b) afektif, (c) keterlaksanaan pembelajaran, dan (d) resposn siswa.. Rancangan penelitian ini adalah pre-test and post-test group, dengan subjek penelitian tiga kelas, satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Jombang pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran IPA-fisika materi cahaya, terdapat peningkatan hasil belajar siswa, meliputi: (1) kognitif produk, dan (2) afektif; Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa: (3) keterlaksanaan pembelajaran dengan gabungan model pembelajaran kooperatif dan pengajaran langsung berkatagori baik; demikian pula (4) respons siswa terhadap gabungan model pembelajaran kooperatif dan pengajaran langsung juga berkatagori baik; dan (5) tidak ada perbedaan antara ketiga kelas, meliputi: (a) hasil belajar produk, (b) afektif, (c) keterlaksanaan pembelajaran, dan (d) respon siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

