Pengaruh Latihan Inferensi Logika Siswa Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Getaran dan Gelombang Di SMP Negeri 1 Bojonegoro
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh latihan inferensi logika siswa terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif praexperimental design dengan desain penelitian one group pretest posttest design dan bertujuan mendeskripsikan pengaruh latihan inferensi logika terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa serta mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan latihan inferensi logika. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A, VIII-D, dan VIII-E sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-D. Selanjutnya dilakukan uji korelasi dan regresi untuk mendeskripsikan hubungan antara latihan inferensi logika dengan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Proses latihan inferensi logika dimulai saat kegiatan motivasi hingga menuju pada kegiatan eksperimen sedangkan penerapannya berlangsung saat siswa melakukan kegiatan eksperimen hingga akhirnya menghasilkan produk berupa nilai inferensi logika yang berasal dari LKS. Berdasarkan analisis korelasi dan regresi, diperoleh hasil bahwa latihan inferensi logika berpengaruh positif sebesar 1,047 terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan besar koefisien determinasi 36,6%. Latihan inferensi logika juga berpengaruh positif sebesar 0,713 terhadap hasil belajar siswa dengan besar koefisien determinasi 33,2%. Respons yang ditunjukkan siswa secara keseluruhan sangat baik dengan rata-rata persentase respons siswa dari masingmasing pernyataan yang diberikan yaitu 83%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

