ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA/MA DAN KAITANNYA DENGAN PEMAHAMAN KONSEP GETARAN HARMONIK

  • FERINA RAHMADANTY
  • WASIS WASIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains dan pemahaman konsep getaran harmonik siswa SMA/MA beserta kaitannya berdasarkan gender. Penelitian dilaksanakan pada empat sekolah di Kabupaten Sidoarjo, yaitu SMA Negeri 2 Sidoarjo, MA Negeri Sidoarjo, SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo, dan MA Al Islamiyah Sidoarjo. Sampel sekolah dipilih dengan teknik random sampling. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA pada empat sekolah sebanyak 144 siswa, terdiri dari 66 siswa laki-laki dan 78 siswa perempuan. Instrumen penelitian berupa 14 soal keterampilan proses sains dan kognitif berbentuk pilihan ganda, yang valid dan reliabel. Pengumpulan data dilakukan secara online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) tidak ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa laki-laki dan perempuan, b) tidak ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep getaran harmonik siswa laki-laki dan perempuan, c) aspek keterampilan proses sains yang memiliki persentase terendah pada siswa laki-laki dan siswa perempuan adalah mengidentifikasi variabel dengan nilai masing-masing sebesar 42,53% dan 37,92%, sedangkan aspek keterampilan proses sains yang memiliki persentase tertinggi adalah merumuskan hipotesis sebesar 75,04% dan 83,14%, dan d) berdasarkan analisis korelasi, diketahui bahwa kaitan antara keterampilan proses sains dan pemahaman konsep getaran harmonik siswa laki-laki lebih tinggi dari pada siswa perempuan.

Kata Kunci: keterampilan proses sains, pemahaman konsep, getaran harmonik, gender

Published
2020-07-08
Section
Articles
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 159