Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA dalam Menyelesaikan Soal Fluida Statis

  • Nabilah Kamalia Universitas Negeri Surabaya
  • Wasis Wasis

Abstract

Abstrak                                                                              

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan profil keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal Fluida Statis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Taman pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian ini terdiri dua tahap, yaitu pengembangan instrumen untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan analisis profil berpikir kritis. Instrumen berpikir kritis berupa soal essay yang telah divalidasi oleh dosen ahli dan pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes secara online. Analisis profil berpikir kritis peserta didik mencakup empat indikator, yaitu menganalisis, menginterpretasi, mengevaluasi, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan: a) Soal tes berpikir kritis yang dikembangkan berkategori valid; b) Rata-rata profil keterampilan berpikir kritis peserta didik untuk masing-masing indikator antara lain untuk indikator analisis masuk ke dalam kategori cukup; indikator interpretasi masuk ke dalam kategori rendah; indikator evaluasi berada di kategori rendah; dan indikator menyimpulkan berada pada kategori rendah. Secara keseluruhan, nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Taman berada dalam kategori rendah. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi informasi yang bermanfaat bagi sekolah dan guru dalam merancang kegiatan pembelajaran yang mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis.

Kata kunci: analisis, pofil keterampilan berpikir kritis, fluida statis.

 

Abstract

This research aims to analyze and describe the critical thinking skills profile of students in solving static fluid questions. The type of this research is quantitative descriptive, the students of  XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Taman in the odd semester of the 2020/2021 academic year, which contains  36 students as the subject of this reasearch. This research consists of two stages, are the development of instruments to measure students’ critical thinking skills and analysis students’ critical thinking profiles. The critical thinking instrument is in the form of essay questions that have been validated by expert lecturers and data collection is done by giving online tests. Analysis of the critical thinking profile of students includes four indicators, are analyzing, interpreting, evaluating, and concluding. The results showed that: a) The developed critical thinking test was valid; b) The critical thinking skills profil for Beach category ari: analysis in sufficient category; interpretation in low category; evaluation in low category; and concluded that it was in low category. Overall, the students’average score of critical thinking skills in class XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Taman was in the low category. The results of this research are expected to be useful information for schools and teachers in designing learning activities that are able to practice critical thinking skills.

Keywords: analysis, profile, critic thinking skills, static fluid .

Published
2021-03-14
Section
Asesmen Pembelajaran Fisika