Pengaruh Latihan Membangun Konsep Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Topik Kalor pada Siswa SMAN 1 Sukodadi Kabupaten Lamongan
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian awal berupa tes pemecahan masalah yang dilakukan di SMAN 1 Sukodadi diketahui bahwa siswa kurang memahami konsep fisika yang telah diajarkan sehingga mereka belum mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah. Oleh karena itu, dilakukan pembelajaran membangun konsep yang diharapkan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh latihan membangun konsep dan respons terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa pada topik kalor. Desain experimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experiental design jenis one group pretes posttest design. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 siswa kelas X SMA 1 Sukodadi. Hasil analisis korelasi linier dan regresi dapat diketahui bahwa derajat hubungan latihan membangun konsep siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa ditentukan oleh koefisien determinasi sebesar 62,41% yang berarti tingkat hubungannya kuat. Berdasarkan hasil analisis angket yang diisi oleh siswa dapat diketahui secara keseluruhan menunjukkan bahwa respons siswa mengenai pembelajaran membangun konsep siswa sangat kuat. Sehingga secara umum hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan membangun konsep berpengaruh positif terhadap kemampuan memecahkan masalah topik kalor pada siswa SMAN 1 Sukodadi Kabupaten Lamongan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

