MONITORING DAN HASIL PELAKSANAAN PROGRAM LATIHAN FISIK ATLET PUTRI CABOR BOLAVOLI PORPROV KABUPATEN KEDIRI 2023

  • Icha Anggraini Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Monitoring, Biomotor fisik, Bolavoli Putri, Kabupaten Kediri

Abstract

Biomotor fisik yang dominan dalam olahraga bolavoli yaitu kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut, kekuatan otot tungkai, daya tahan jantung-paru, dan daya ledak otot tungkai. Merancang program latihan fisik, pelatih fisik harfus memperhatikan biomotor fisik yang berdominan didalam olahraga bolavoli. Latihan fisik yang sudah dirancang dengan pembebanan yang diberikan sesuai dosis yang terukur agar hasil latihan dapat meningkat kualitas fisik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui program latihan fisik terlaksanan dengan benar dan dilakukan secara maksimal oleh atlet.

Metode yang digunakan dipenelitian ini ialah deskriptif kuantitatif yaitu menjelaskan suatu permasalahan yang diteliti menggunakan angka dengan banyak subjek penelitian ini 14 atlet putri. Untuk melihat kerja atlet pada setiap sesi latihan fisik harus dilakukan monitoring. Monitoring dalam latihan fisik bolavoli diperlukan untuk melihat kualitas kerja selama latihan sesuai dengan pembebanan latihan yang telah direncanakan. Hasil monitoring program latihan fisik nantinya dapat dipergunakan pelatih sebagai bahan evaluasi hasil latihan.

 Hasil yang didapatkan dari monitoring program latihan fisik bolavoli porprov putri kabupaten kediri, diketahui bahwa kinerja atlet dalam melaksanakan latihan pada setiap melaksanakan program latihan yang diberikan yang diberikan oleh pelatih fisik berupa latihan anatomi adaptasi, jog-straight, weight training, tuja shuttle run, dan sirkuit training. Dari monitoring program latihan fisik bolavoli putri porprov kabupaten kediri 2023, dapat disimpulkan bahwa 1) latihan fisik dapat meningkatkan biomotor fisik bolavoli; 2) monitoring diperlukan untuk memperhatikan kualitas latihan; 3) monitoring diperlukan sebagai bahan evaluasi pelaksanaan latihan

Published
2023-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 81 PDF Downloads: 13