PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN APLIKASI CISCO PACKET TRACER MOBILE SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Pengembangan modul pembelajaran aplikasi Cisco Packet Tracer Mobile dalam penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kevalidan modul pembelajaran pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran aplikasi Cisco Packet Tracer Mobile berbantuan modul pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer Dekstop. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design dengan model The Matching-Only Posttest-Only. Dimana subyek yang digunakan untuk kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen diambil secara utuh dalam satu kelas (tidak diacak). Subyek dalam penelitian ini adalah kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Kemlagi. Berdasarkan hasil dari uji validitas modul pembelajaran aplikasi Cisco Packet Tracer Mobile diperoleh hasil rating dengan rata-rata 82.95% yang berada pada interval 82-100% termasuk dalam kategori Sangat Valid. Berdasarkan hasil dari pengolahan data diperoleh rata-rata hasil belajar dari ranah kognitif kelas kontrol 27,55 dan rata-rata kelas eksperimen 37,45 dengan nilai sig = 0,033 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dengan kata lain H1 diterima. Jadi terdapat perbedaan signifikan. Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa menggunakan Cisco Packet Tracer Mobile berbantuan Modul Pembelajaran lebih baik daripada Cisco Packet Tracer Dekstop. Sedangkan hasil dari ranah psikomotorik diperoleh rata-rata kelas kontrol 2,13 dan rata-rata kelas eksperimen 35.88 dengan nilai sig = 145 > 0,05 yang berarti H0 diterima. Jadi tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan hasil belajar siswa menggunakan Cisco Packet Tracer Mobile berbantuan Modul Pembelajaran tidak menunjukkan hasil belajar lebih baik daripada Cisco Packet Tracer Dekstop.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Virtual LAN, Cisco Packet Tracer Mobile, Hasil Belajar, Kognitif, Psikomotorik.
Abstract
The development of the learning module of the Cisco Packet Tracer Mobile application in this study aims to (1) find out the validity of the learning module in Administrasi Infrastruktur Jaringan subjects. (2) Knowing the differences in student learning outcomes using learning media applications Cisco Packet Tracer Mobile assisted by learning modules using Cisco Packet Tracer Desktop applications. The research method used in this study is the Quasi Experimental Design method with the model Matching-Only Posttest-Only, where the subjects used for the control group and the experimental group were taken intact in one class (notn randomized). The subjects in this study were class XI TKJ SMK Negeri 1 Kemlagi. Based on the results of the validity test of the Cisco Packet Tracer Mobile application learning module, the rating results are obtained with an average of 82.95% at intervals of 82-100% included in the Very Valid category. Based on the results of data processing obtained the average learning outcomes of the cognitive domain control class 27.55 and the experimental class average 37.45 with the sig value = 0.033 <0.05 which indicates that H0 is rejected in other words H1 is accepted. So there are significant differences. So that it can be concluded that student learning outcomes using Cisco Packet Tracer Mobile assisted by the Learning Module are better than the Cisco Packet Tracer Desktop. While the results of the psychomotor domain were obtained by the control class average of 2.13 and the experimental class average of 35.88 with the sig value = 145 > 0.05, which means that H0 was accepted. So there is no significant difference. So that conclusions can be drawn on student learning outcomes using Cisco Packet Tracer Mobile assisted by the Learning Module does not show better learning outcomes than the Cisco Packet Tracer Desktop.
Keywords: Learning Module, Virtual LAN, Cisco Packet Tracer Mobile, Learning Outcomes, Cognitive, Psychomotor.