MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X MULTIMEDIA DI SMKN 1 DRIYOREJO

Main Article Content

DESKI DWI CAHYANI
SETYA CHENDRA WIBAWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sistem komputer. Subjek penelitian adalah siswa kelas X multimedia di SMK Negeri 1 Driyorejo dan total siswa 34 orang. Peneliti menggunakan model ADDIE dalam penelitian ini. Angket disebar untuk menilai apakah siswa merasa bosan, jenuh, dan kurang memahami materi sistem komputer dengan cara penyampaian materi secara lisan atau menggunakan media papan tulis. Hasilnya, siswa merasa bosan dengan metode pembelajaran secara ceramah dan mereka membutuhkan alat bantu dalam menyampaikan materi berupa media. Maka dari itu, peneliti membuat media pembelajaran interaktif dimana media ini berisi materi dalam bentuk animasi, kuis, dan permainan. Sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif, presentase ketuntasan siswa sebesar 41% dan setelah menggunakan media pembelajaran interaktif, presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 76% dan siswa yang tidak tuntas dalam satu kelas sebanyak 8 orang dengan total siswa 34 orang. Jadi media pembelajaran interaktif ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer.

Kata kunci : media pembelajaran, media interaktif






Article Details

How to Cite
DWI CAHYANI, D., & CHENDRA WIBAWA, S. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X MULTIMEDIA DI SMKN 1 DRIYOREJO. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 4(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/27688
Section
Articles