Pengembangan MANTRA (Media Animasi Interaktif) untuk Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital di SMK Negeri 4 Surabaya

Authors

  • CHURIN IN
  • SETYA CHENDRA WIBAWA

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v4i1.29174

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu: 1) Mengembangkan media animasi interaktif menggunakan Adobe Flash CS6 yang berisi materi berupa video animasi dan simulator kamera, 2) Menguji tingkat kevalidan media, 3) Menguji hasil belajar siswa setelah menggunakan media dan 4) Melihat respon siswa terhadap media. Jenis penelitian berupa penelitian pengembangan atau Reasearch and Development (R&D) dengan model pengembangan yang adaptasi dari Hannafin and Peck yang meliputi beberapa tahap yaitu analisis kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi, serta menggunakan desain penelitian one shoot case study. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon siswa, dan tes hasil belajar psikomotorik siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 4 Surabaya. Hasil validasi media sebesar 94,6%, hasil validasi respon sebesar 95,27%, sedangkan hasil validasi soal psikomotor sebesar 90%. Hasil respon siswa terhadap media MANTRA sebesar 82,3%. Hasil belajar psikomotor memperoleh nilai rata-rata sebesar 79.03, selain itu hasil ketuntasan belajar klasikal memperoleh jumlah 83,87% dari jumlah siswa yang tuntas dan 16,13% jumlah siswa yang tidak tuntas.

Kata Kunci: Animasi Interaktif, Adobe Flash, Media pembelajaran, R&D, simulator kamera.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

16-07-2019

How to Cite

IN, C., & CHENDRA WIBAWA, S. (2019). Pengembangan MANTRA (Media Animasi Interaktif) untuk Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital di SMK Negeri 4 Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 4(1). https://doi.org/10.26740/it-edu.v4i1.29174
Abstract views: 93 , PDF Downloads: 61

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>