Pengembangan Platform Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Website dengan Fitur Curah Gagasan untuk Menghasilkan Value Proposition
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengembangkan sebuah platform pembelajaran dan curah Gagasan kewirausahaan berbasis website dengan untuk menghasilkan sebuah ide bisnis (value proposition). Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah dengan menggunakan platform pembelajaran dengan fitur curah gagasan ini mahasiswa dapat mencetuskan ide usaha (value proposition) yang reliable? (2) Apakah platform pembelajaran berbasis web layak sebagai media pembelajaran mata kuliah kewirausahaan? Penelitian ini menggunakan metode R&D (Reseach and Development). Dengan modifikasi menjadi 6 tahap pengembangan. Penelitian yang dilakukan berupa sebuah platform pembelajaran kewirausahaan berbasis website dengan fitur utama media pembelajaran dan media curah gagasan. Platform pembelajaran ini diujicobakan secara acak kepada 21 kelompok (2-3 orang) dari tujuh fakultas yang ada di Universitas Negeri Surabaya dengan cara memberikan gagasan-gagasan pada formulir yang telah disediakan pada media dan secara mandiri (hanya berpanduan pada video panduan) yang secara tidak langsung memvisualisasikan ide dan gagasan yang berkaitan dengan value proposition. Di akhir bagian responden dituntut untuk menyimpulkan gagasan-gagasan yang telah di inputkan sebelumnya menjadi sebuah kalimat value proposition. Kemudian hasil curah Gagasan berupa kalimat value proposition diuji tingkat kevalidannya oleh ahli bidang kewirausahaan dengan berdasarkan pada jurnal karya Finkelstein dan Lawton tahun 2007. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarakan analisis penilaian hasil curah Gagasan menggunakan media platform startup.unesa.ac.id dengan mengacu pada rubik penilaian hasil output produk dihasilkan persentase hasil sebesar 77.30% (valid). sehingga dapat disimpulkan bahwa mahasiswa responden dapat mencetuskan ide usaha (value proposition) yang reliable. (2) Berdasarkan hasil analisis penilaian materi yang telah di validasi oleh dua dosen pengampu matakuliah kewirausahaan Teknik Informatika Unesa menunujukkan hasil persentase 87,00% (sangat valid).
Kata Kunci: Curah gagasan, Platform pembelajaran, Value Proposition