Efektifitas EFEKTIFITAS PENERAPAN SISTEM INFORMASI ANTRIAN PENGAMBILAN IJAZAH (SIANI) SEBAGAI PENUNJANG LAYANAN AKADEMIK DI BAKPK UNESA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Rezky Arisanti Putri
Sujono Sujono
Anita Mislica
Eka Yudianto
Eka Widiyanti

Abstract

Munculnya wabah virus Corona yang menyerang hampir seluruh wilayah di Indonesia, serta pemberlakuan kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdampak pada semua sektor. Baik dalam bentuk kegiatan maupun aktivitas setiap sektor termasuk layanan akademik di perguruan tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan agar layanan akademik dapat berjalan secara efektif adalah memanfaaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang diintegrasikan kedalam sistem informasi manajemen. Sistem Informasi Antrian Pengambilan Ijazah (SIANI) adalah sistem informasi yang berbasis komputer dan internet yang digunakan oleh BAKPK Unesa untuk menunjang layanan akademik di masa pandemi Covid-19 saat ini. Tahapan penelitian ini mengacu pada model of instructional development cycle meliputi fase analysis (analisis), planning (perencanaan), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation and revision (evaluasi dan revisi). Berdasarkan hasil penilaian responden penerapan SIANI sebagai penunjang layanan akademik di BAKPK Unesa pada masa pendemi covid-19 dinilai sangat efektif karena telah memenuhi beberapa aspek penilaian yang diujikan. Selain itu, penerapan SIANI dapat meningkatkan kecepatan pelayanan pengambilan ijazah di BAKPK Unesa.


Kata Kunci: efektivitas, layanan akademik, SIANI

Article Details

How to Cite
Putri, R., Sujono, S., Mislica, A., Yudianto, E., & Widiyanti, E. (2021). Efektifitas EFEKTIFITAS PENERAPAN SISTEM INFORMASI ANTRIAN PENGAMBILAN IJAZAH (SIANI) SEBAGAI PENUNJANG LAYANAN AKADEMIK DI BAKPK UNESA PADA MASA PANDEMI COVID-19. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 6(2), 60-68. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/43621
Section
Articles