EFEKTIVITAS METODE STAD BERBASIS MEDIA SOSIAL PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI DAN 3 DIMENSI

Main Article Content

Rayhan Reynara Raja Sailendra
IGL Eka Putra Prismana

Abstract

Student Team Achievement Division adalah strategi pembelajaran kooperatif yang sangat sederhana, dan pembelajaran kooperatif ini dapat digunakan untuk tenaga pengajar yang baru mulai mengajar menggunakan pembelajaran kooperatif. Hasil validasi untuk soal pretest dan posttest telah didapatkan hasil persentase 95% dan masuk dalam kriteria sangat valid, hasil validasi instrument berupa RPP dan materi mendapat kan hasil 87,7% dan 90,6% masuk ke dalam kriteria sangat valid. Lalu hasil uji paired sample t-test nilai sig. 2 tailed mendapatkan nilai 0,000 yaitu kurang dari 0,05 yang berarti terlihat adanya variasi dari hasil belajar siswa antara pre-test dan post-test. Hal ini menyebabkan pengaruh yang dapat dilihat dari perbedaan variabel terhadap penggunaan metode Student Team Achievement Divison. Dan hasil kemampuan belajar siswa setelah pembelajaran dengan metode Student Team Achievement Division memperoleh nilai dengan rerata 87 dimana sebelum diterapkan metode STAD siswa memperoleh nilai rerata 62 yang berarti setelah metode Student Team Achievement Division diterapkan mendapat hasil efektif dan memiliki respon positif dalam hasil belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Sailendra, R., & Prismana, I. E. (2023). EFEKTIVITAS METODE STAD BERBASIS MEDIA SOSIAL PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI DAN 3 DIMENSI. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 1-7. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/50675
Section
Articles