Rancang Bangun Aclever Berbasis Website Menggunakan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Back-End Web Development Dengan Mengimplementasikan Berpikir Kritis Siswa RPL Kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo
Abstract
Permasalahan yang muncul dan menjadi sorotan pada siswa RPL kelas XI SMKN 2 Sidoarjo yaitu kurangnya kompetensi back-end web development. Hal tersebut terjadi dikarenakan masih kurangnya pembelajaran terkait dengan back-end web development bahasa pemrograman PHP secara mendalam, keterbatasan bahan ajar, serta pembelajaran terkait back-end web development bahasa pemrograman PHP belum terstruktur dengan baik. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi back-end web development pada impelementasi sistem CRUD dengan mengimplementasikan berpikir kritis siswa RPL kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini merancang bangun Aclever berbasis website dengan model Project Based Learning. Penelitian yang dilakukan meneliti perbedaan peningkatan kompetensi siswa yang menggunakan Aclever dengan yang tidak menggunakan. Rancang bangun Aclever berbasis website dilakukan dengan menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil validasi modul ajar menunjukkan presentase 91,3%, soal 88%, materi 87%, serta media 93,75%, yang diinterpretasikan “Sangat Valid”. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, dan uji Mann-Whitney yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima bahwa terdapat peningkatan kompetensi back-end web development yang telah menggunakan Aclever berbasis website dengan model Project Based Learning dengan yang tidak menggunakan Aclever berbasis website dengan model Project Based Learning pada siswa RPL kelas XI SMKN 2 Buduran Sidoarjo.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

