Rancang Bangun Media Website Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Kompetensi Front-End Web Siswa XI RPL SMKN Takeran

Authors

  • Kartika Mega Safitri Universitas Negeri Surabaya
  • Rindu Puspita Wibawa Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71510

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi memberikan dampak signifikan dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui pemanfaatan Learning Management System (LMS) berbasis website. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun media pembelajaran berbasis LMS dengan model Project Based Learning guna meningkatkan kompetensi front-end programming siswa kelas XI RPL di SMKN Takeran. Untuk penelitian dan pengembangan (R&D), penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE.   Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi, validasi angket ahli, dan post-test psikomotor pada 32 siswa.   Validitas instrumen, normalitas, homogenitas, T, dan determinasi merupakan semua komponen analisis data.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan tingkat keberhasilan sebesar 84%, media edukasi DataLearn banyak digunakan.   RPP, 82% bahan ajar, dan isi evaluasi sebanyak 83% tervalidasi.   Meskipun secara statistik tidak signifikan (p > 0,05), temuan uji T menunjukkan nilai rata-rata proyek kelas eksperimen sebesar 85,38 dan kelas kontrol sebesar 76,88. Temuan ini menunjukkan bahwa LMS berbasis web dengan pendekatan PBL memiliki potensi besar dalam meningkatkan kompetensi siswa pada materi front-end web programming secara interaktif, fleksibel, dan mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-10-2025

How to Cite

Kartika Mega Safitri, & Rindu Puspita Wibawa. (2025). Rancang Bangun Media Website Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Kompetensi Front-End Web Siswa XI RPL SMKN Takeran. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 10(3), 221–234. https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71510
Abstract views: 41 , PDF Downloads: 21