Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru, Kesiapan Belajar Dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Anang Bayu Mustiko Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Trisnawati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keterampilan Mengajar Guru, Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui: 1) Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa, 2) Pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, 4) Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa, 5) Pengaruh kesiapan belajar terhadap motivasi belajar siswa, 6) Pengaruh tidak langsung keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar, dan 7) Pengaruh tidak langsung kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan ketika sekolah menerapkan pembelajaran online atau jarak jauh yang mana merupakan kebijakan terbaru, sehingga situasi dan kondisi di sekolah berbeda dengan penelitian sebelumnya. Penelitian ini mengggunakan metode kuantitatif yang mana dilakukan di SMK Negeri 1 Jati pada kelas X OTKP dengan jumlah populasi 106 yang kemudian diambil 83 sampel melalui teknik simple random sampling. Data dari sampel diambil menggunakan kuisioner dan diolah dengan analisis jalur (path analysis) dengan hasil: 1) Tidak ada pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa, 2) Ada pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar, 3) Tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, 4) Ada pengaruh keterampilian mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa, 5) Ada pengaruh kesiapan belajar terhadap motivasi belajar siswa, 6) Tidak ada pengaruh tidak langsung keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa, dan 7) Ada pengaruh tidak langsung kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar.

Published
2021-04-23
How to Cite
Mustiko, A., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru, Kesiapan Belajar Dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(1), 42-52. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n1.p42-52
Section
Articles
Abstract View: 406
Article Download: 505