Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Berwirausaha melalui Pendidikan Kewirausahaan pada Siswa SMKN 10 Surabaya

  • Syamsudin Bahri Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Trisnawati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Lingkungan keluarga, Lingkungan sosial, Pendidikan kewirausahaan, Minat Berwirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh linkungan keluarga terhadap pendidikan kewirausahaan siswa, 2) pengaruh lingkungan sosisal terhadap pendidikan kewirausahaan siswa, 3) mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa, 4) pengaruh lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha siswa, 5) pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa, 6) pengaruh lingkungan keluarga melalui pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa, 7) pengaruh lingkungan sosial melalui pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa SMKN 10 Surabaya kompetensi keahlian Otomatisai Tata Kelola Perkantoran populasi yang diteliti sebanyak 110 responden dengan jumlah sampel sebanyak 84 responden, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian asosiatif, Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner yang diberikan  kepada siswa dan wawancara mengenai pendidikan kewirausahaan yang diterapkan  di sekolah, dengan teknik simple random sampling. Adapun hasil penelitian yaitu 1) lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, 2) lingkungan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, 3) pendidikan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, 4) lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap pendidikan kewirausahaan siswa, 5) lingkungan sosial berpengaruh signifikan terhadap pendidikan kewirausahaan siswa, 6) lingkungan keluarga melalui pendidikan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, 7) lingkungan sosial melalui pendidikan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa.

Published
2021-07-22
Section
Articles