PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI (IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENT’S PROCESS SKILL IN REACTION RATES MATTER)

  • ASNI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan proses siswa dan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan rancangan penelitian yang digunakan  adalah one-Group Pretest-Postest Design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksaan model pembelajaran inkuiri terbimbing, lembar pengamatan keterampilan proses, lembar soal tes keterampilan proses, dan lembar soal tes kognitif produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase rata-rata keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri pada pertemuan I sebesar 88,98% (sangat baik), pertemuan II sebesar 90,61% (sangat baik), pertemuan III sebesar 93,54%(sangat baik), dan pertemuan IV sebesar 96,23% (sangat baik); (2) Peningkatan keterampilan proses siswa sebesar 70,85% siswa mendapat peningkatan dengan kategori tinggi, sebesar 25,30% siswa mendapat peningkatan dengan kategori sedang, sebesar 3,85% siswa mendapat peningkatan dengan kategori rendah.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses, Laju Reaksi

The aims of this research are to know feasibility of learning, improvement student’s process skill and student’s achievment after implementation of guided inquiry learning model in reaction rates matter. The type of this research was descriptive quantitative and design of this research was One-Group Pretest-Postest Design. The subject of this research were XI grade student’s of SMA Negeri 11 Surabaya. The instruments that used were observation sheet of inquiry learning model feasibility, observation sheet of process skill, sheet test for process skill, and sheet test for cognitive product. The result of this research showed that (1) Average percentage of guided inquiry learning model feasibility at meeting I was 88,98% (excellent), at meeting II was 90,61% (excellent), at meeting III was 93,54% (excellent), and at meeting IV was 96,23% (excellent); (2) Improvement of student’s process skill was 70,85% high category, 25,30% medium category, and 3,85% low category.

Keywords: Guided Inquiry Learning Model, Science Process Skill, Reaction Rates

Published
2015-01-29
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 63