KETERAMPILAN BERPENDAPAT SISWA KELAS XI SMA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI LAJU REAKSI (STUDENT’S ARGUMENTATION SKILL IN XI GRADE WITH IMPLEMENTATION OF PROBLEM SOLVING METHOD ON REACTION RATE MATTER)

  • VANANTIA RANDI ASHARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpendapat siswa secara tertulis selama proses pembelajaran melalui penerapan metode problem solving pada materi laju reaksi kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 4 yang berjumlah 28 siswa. Rancangan penelitian menggunakan “One Shot Case Study”. Instrumen yang digunakan untuk mendeskripsikan keterampilan berpendapat siswa secara tertulis adalah lembar penilaian keterampilan berpendapat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berpendapat pada pertemuan 1 sampai pertemuan 3, siswa yang mendapatkan kriteria kurang baik adalah 0%. Siswa yang mendapatkan kriteria cukup baik pada pertemuan 1 sampai pertemuan 3 sebesar 67,86%, 28,57%, dan 0%. Siswa yang mendapatkan kriteria baik pada pertemuan 1 sampai pertemuan 3 sebesar 32,14%, 57,14% dan 28,57%. Siswa yang mendapatkan kriteria sangat baik pada pertemuan dua dan pertemuan tiga sebesar 0%, 14,29% dan 71,43%.

Kata Kunci: Problem Solving, Keterampilan Berpendapat, Laju Reaksi

This study aims to describe the student’s argumentation skill with the implementation of problem solving method on reaction rate matter.Type of this research is quantitative descriptive. The subjects were students of XI grade science 4with28 students. This research use “One Shot Case Study”. The instrument used to describe student’s argumentation skill is argumentation skill assessment sheet. The result of this study showed that the argumentation skill at the 1st until 3rd meeting, the number of students who achieved bad criteria are 0%. Students who achieved enough criteria at the 1st until 3rd meeting are 67,86%, 28,57% dan 0%. Students who achieved good criteria are 32,14%, 57,14% dan 28,57%. Students who achieved quite good criteria are 0%, 14,29% dan 71,43%.

Keywords: Problem Solving, Argumentation Skill, Reaction Rate

Published
2015-01-29
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 39