MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMAN 1 GAPURA SUMENEP (TRAIN THE STUDENTS’ COMMUNICATION SKILLS THROUGH THE APPLICATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL NHT ON THE REACTION RATE MATERIAL XI SMAN 1 GAPURA SUMENEP)

  • APRILIA RASIDAH

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk melatihkan keterampilan komunikasi meliputi kuantitas dan kualitas berpendapat serta bertanya siswa. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-1 dengan rancangan penelitian yang digunakan One Shoot Case Study. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan kuantitas siswa berpendapat sebesar 100,00% pada ketiga pertemuan, sedangkan kuantitas bertanya pada pertemuan 1 sampai 3 berturut-turut sebesar 56,25%; 81,25%; dan 87,50%. Kualitas berpendapat siswa dengan predikat kurang baik pada pertemuan 1 sampai 3 berturut-turut sebesar 43,75%; 6,25%; dan 0,00%; sedangkan predikat cukup baik pada pertemuan 1 sampai 3 secara berurutan sebesar 50,00%; 56,25%; dan 18,75%; dan predikat baik pada pertemuan 1 sampai 3 berturut-turut sebesar 6,25%; 37,50%; dan 81,25%. Kualitas bertanya siswa dengan predikat kurang baik pada pertemuan 1 sampai 3 berturut-turut sebesar 68,75%; 50,00%; dan 25,00%; sedangkan predikat cukup baik pada pertemuan 1 sampai 3 secara berurutan sebesar 31,25%; 43,75%; dan 68,75%; dan predikat baik pada pertemuan 1 sampai 3 secara berurutan sebesar 0,00%; 6,25%; dan 6,25%.

Kata Kunci: Keterampilan Komunikasi, Pembelajaran Kooperatif NHT, Laju Reaksi

This study is a quantitative descriptive research that aims to train communication skills include the quantity and quality of speech and asked the students. The target of this study is a class XI student of  MIPA-1 with the research design used One Shoot Case Study. Methods of data collection is done by the method of observation. The results showed the quantity of students argued by 100.00% in the third meeting, while the quantity asked at the meeting of 1 to 3, respectively for 56.25%; 81.25%; and 87.50%. The quality of the student argues with predicate less good at meeting 1 to 3 in a row by 43,75%; 6.25%; and 0.00%; while fairly well at the meeting of 1 to 3 sequentially by 50.00%; 56.25%; and 18.75%; and predicate either at the meeting of 1 to 3 respectively of 6.25%; 37.50%; and 81.25%. The quality of students question to predicate less well at the meeting of 1 to 3, respectively for 68.75%; 50.00%; and 25.00%; while fairly well at the meeting of 1 to 3 sequentially by 31.25%; 43.75%; and 68.75%; and predicate either at the meeting of 1 to 3 sequentially are 0.00%; 6.25%; and 6.25%.

Keywords: Communication Skills, NHT Cooperative Learning, reaction rate

Published
2015-01-29
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 115