DOI:
https://doi.org/10.26740/ujced.v4n1.p%25pAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk melatihkan keterampilan komunikasi meliputi kuantitas dan kualitas berpendapat serta bertanya siswa. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-1 dengan rancangan penelitian yang digunakan One Shoot Case Study. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan kuantitas siswa berpendapat sebesar 100,00% pada ketiga pertemuan, sedangkan kuantitas bertanya pada pertemuan 1 sampai 3 berturut-turut sebesar 56,25%; 81,25%; dan 87,50%. Kualitas berpendapat siswa dengan predikat kurang baik pada pertemuan 1 sampai 3 berturut-turut sebesar 43,75%; 6,25%; dan 0,00%; sedangkan predikat cukup baik pada pertemuan 1 sampai 3 secara berurutan sebesar 50,00%; 56,25%; dan 18,75%; dan predikat baik pada pertemuan 1 sampai 3 berturut-turut sebesar 6,25%; 37,50%; dan 81,25%. Kualitas bertanya siswa dengan predikat kurang baik pada pertemuan 1 sampai 3 berturut-turut sebesar 68,75%; 50,00%; dan 25,00%; sedangkan predikat cukup baik pada pertemuan 1 sampai 3 secara berurutan sebesar 31,25%; 43,75%; dan 68,75%; dan predikat baik pada pertemuan 1 sampai 3 secara berurutan sebesar 0,00%; 6,25%; dan 6,25%.
Kata Kunci: Keterampilan Komunikasi, Pembelajaran Kooperatif NHT, Laju Reaksi
This study is a quantitative descriptive research that aims to train communication skills include the quantity and quality of speech and asked the students. The target of this study is a class XI student of MIPA-1 with the research design used One Shoot Case Study. Methods of data collection is done by the method of observation. The results showed the quantity of students argued by 100.00% in the third meeting, while the quantity asked at the meeting of 1 to 3, respectively for 56.25%; 81.25%; and 87.50%. The quality of the student argues with predicate less good at meeting 1 to 3 in a row by 43,75%; 6.25%; and 0.00%; while fairly well at the meeting of 1 to 3 sequentially by 50.00%; 56.25%; and 18.75%; and predicate either at the meeting of 1 to 3 respectively of 6.25%; 37.50%; and 81.25%. The quality of students question to predicate less well at the meeting of 1 to 3, respectively for 68.75%; 50.00%; and 25.00%; while fairly well at the meeting of 1 to 3 sequentially by 31.25%; 43.75%; and 68.75%; and predicate either at the meeting of 1 to 3 sequentially are 0.00%; 6.25%; and 6.25%.
Keywords: Communication Skills, NHT Cooperative Learning, reaction rate
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
The license terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) requires attribution to the original creator, permits non-commercial use, and does not allow for the application of legal or technological restrictions on others' use.

