IMPLEMENTING THE CONCEPT ATTAINMENT MODEL TO DRILL THE STUDENT SKILL OF GIVING OPINION IN CHEMICAL BONDING MATERIAL

  • ARYSTA NINGTYAS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan, keterampilan berpendapat siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran pemerolehan konsep dalam materi pokoki katan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan metode One Shoot Case Study dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif .Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan keterampilan berpendapat siswa serta tes ketuntasan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, nilai keterlaksanaan pembelajaran selama tiga pertemuana dalah 4,23; 4,63; dan 4,81 dengan kriteria rata-rata adalah sangat baik sedangkan nilai keterampilan berpendapat siswa untuk indikator kebahasaan dapat dilatihkan dengan nilai tiap pertemuan berturut-turuta dalah 2; 2,21; dan 2,52 dengan  rata-rata  kategori cukup baik Keterampilan berpendapat siswa untuk indikator kelogisan juga dapat dilatihkan dengan nilai tiap pertemuan berturut-turut adalah 2,15; 2,48; dan 2,64 dengan rata-rata kategori baik. Dari hasil tes pada materi ikatan kimia, ketuntasan hasil belajar siswa dikatan baik dengan persentase ketuntasan tiap pertemuan adalah 78,78%; 93,93%; dan 96,96%.

 Kata kunci: Model pembelajaranpemerolehankonsep, keterampilanberpendapat, ikatankimia.

The aims of this research are to know the enforceability,student skill of giving opinion, and student learning mastery by implementing the concept attainment model in chemical bonding material. This research is pre-experiment research by using One Shoot Case Study’s method and analyzed by descriptive qualitative and qualitative. The instrument that used is the learning enforceability’s observation sheet, the student skill of giving opinion’s observation sheets, and the student learning mastery’s test. According to the result of this research, the average score of learning enforceabilityfor three meetings are 4.23, 4.63, and 4.8 with the average criteria is very good criteria, while the student skill of giving opinion for language’s indicator is able to be drilled for three meetings which scores are 2, 2.21, and 2.52 and belong to “good enough” criteria. The student skill of giving opinion for logic’s indicator is able to be drilled for three meeting which scores are 2.15, 2.48, and 2,64 and belong to “good” criteria. From the student learning mastery’s test, the student learning mastery is good with the percentages of learning mastery for each meeting are 78.78%, 93.93%, and 96.96%.

Keywords: concept attaining model, student skill of giving opinion, chemical bonding.

Published
2015-01-31
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 33