USING OF VIRTUAL LABORATORY FOR LEARNING ACTIVITY IN ACID, BASE, AND SALT TOPIC IN SMA NEGERI 1 MANYAR GRESIK

  • RINDA ASETA PRAFIANTI INTER

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan laboratorium virtual pada materi asam, basa, dan garam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang menggunakan pretest and posttest design, instrumen penelitian ini adalah pretest dan posttest, serta lembar angket respon siswa. Hasil belajar yang dinilai dalam penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep. Lembar angket respon siswa merupakan lembar yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang pendapat dan tanggapan siswa setelah menggunakan laboratorium virtual pada materi asam, basa, dan garam. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Berdasarkan data dan analisis ketuntasan belajar siswa secara klasikal dapat  diketahui bahwa hasil posttest siswa pada keterampilan berpikir kritis kategori inferensi sebesar 90% dan kategori kesimpulan sebesar 83,33% dan pada penguasaan konsep sebesar 93,33%. Sehingga dapat dikatakan hasil belajar siswa tuntas secara klasikal. Berdasarkan angket respon siswa bahwa tanggapan siswa terhadap penggunaan laboratorium dalam pembelajaran asam, basa, dan garam cukup positif.

Kata Kunci : Lab Virtual; Asam, Basa, dan Garam

This researchaims to determinestudent learning outcomesbyusinga virtuallaboratoryonthe materialacid, base, andsalt. This research is quantitative descriptive using pretest and posttest design, the instrument of this research ispretest and posttest and student questionnaire responses sheet. Learning outcomes areas sessedin this study is thecritical thinking skills and mastery of concepts. Student questionnaire responses sheet is the sheet that is used to collect data about students'opinions and feed back after using the virtual laboratory on material acid, base, and salt. This research was conducted in class XI MIA1 Senior High School (SMA) Negeri 1ManyarGresik. Based on data and analysis of student’s outcomein the classical thoroughness can be seen that the results of the posttest students in critical thinking skills of inference categoryas 90% and 83.33% in conclusions category and the mastery ofthe conceptas 93.33%. So it can be saidt hat student learning out comes classically finished. Based on thestudent questionnaire responsesthose students' responsesto theuse ofthe laboratoryin learningacid, base, and saltis quitepositive.

Keywords:VirtualLab; Acid, Base, andSalt

Published
2015-01-31
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 37