ANALISIS TES HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BLOG PADA MATERI ALKANA, ALKENA, DAN ALKUNA (ANALYSIS OF TEST RESULTS ON BLOG MEDIA LEARNING IN THE MATTER ALKANES, ALKENES, AND ALKYNES)

  • DIAN WULAN WULAN DADARI Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak: Analisis tes hasil belajar siswa melalui media pembelajaran blog pada materi alkana, alkena, dan alkuna yang bertujuan untuk mendeskripsikan  tes hasil belajar siswa dengan menggunakan blog. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil tes belajar siswa pada setiap indikator yaitu: indikator 1 sebesar 100%, indikator 2 sebesar 89 %, indikator 3 sebesar 100%, indikator 4 sebesar 96,66%, indikator 5 sebesar 100%, indikator 6 sebesar 93,33%, dan indikator 7 sebesar 100%. Hal tersebut menunjukan bahwa ketuntasan tes hasil belajar siswa sangat baik yaitu dengan rata-rata 96,99% dengan standart ketuntasan minimal ≥75%. Ketuntasan tes hasil belajar tersebut menjelaskan bahwa media pembelajaran e-learning berbasis blog sangat layak digunakan.

Kata kunci: blog, tes hasil belajar, alkana, alkena, dan alkuna

Abstract: Analyze of students test by instructional media blog based on the material alkanes, alkenes, and alkynes which aims to describe of student test based on blog. This research was developed by using the methods of qualitative descriptive research. Student test results on each indicator as follows: first indicator at 100%, second indicator 89%, third indicator  100%, fourth indicators at 96.66%, fifth indicators at 100%, sixth indicators at 93.33%, seventh indicators at 100%. This test shows that the completeness of student test becomes excellent with an average of 96.99% with a minimum standard completeness is ≥75%. The results test completeness  show that e-learning instructional media based on blog is very good condition.

Key word: blog, result of study test, alkanes, alkenes, and alkynes

Published
2012-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 1681
PDF Downloads: 2083