HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI   (THE RELATIONSHIP BETWEEN STUDENTS METACOGNITION SKILL LEARNING RESULT USING DIRECT INSTRUCTION TO THE SALT HYDROLYSIS MATERIAL OF XI GRADE)

  • VINNA TANJUNG CAHYANING RATRI

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar, keterampilan metakognisi, ketuntasan hasil belajar, hubungan keterampilan metakognisi dengan hasil belajar, dan respon siswa pada penerapan model pembelajaran langsung materi hidrolisis garam. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, metode tes, dan metode angket dengan instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran langsung, lembar soal tes, dan lembar angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan model pembelajaran langsung pada tiga kali pertemuan telah terlaksana sangat baik dan tiap tahapnya memperoleh nilai ≥3,00. (2) siswa telah memiliki keterampilan metakognisi yang terdiri dari keterampilan merencanakan, memantau dan mengevaluasi dengan nilai rata-rata yang paling tinggi adalah keterampilan memantau. (3) ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dengan persentase 81 % dengan rata-rata sebesar 84,56 atau sesuai kurikulum 2013 dengan rata-rata 3,38. (4) hubungan keterampilan metakognisi dengan hasil belajar memiliki korelasi sangat kuat sebesar 0,984. (5) respon siswa dinyatakan sangat efektif dengan persentase siswa yang menjawab “Ya” lebih dari 70% menyatakan pembelajaran kimia menjadi sangat menyenangkan dan lebih termotivasi untuk belajar kimia.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung, Keterampilan Metakognisi, Hidrolisis Garam, Respon siswa.

The aim of this research was to find out materialize teaching and learning activities, metacognition skill, to complete learning result, related with metacognition skill and the result of learning and process and students response on the implementation of direct instruction model on the salt hydrolysis material. The goal of this research is the students of XI class SMAN 1 MIA 3 Taman Sidoarjo. The type of research that used correlational research. The data were collected through observation, test, and questionnaire methods with the instruments used were observation sheet of direct instruction model, booklet test, and questionnaire responses sheet. The result showed that (1) materialized direct instruction model at three meeting that have done very well and each steps gain the value of ≥ 3,00. (2) students have had metacognition skills that consist of skills to plan, monitor and evaluate the average dominant value that are monitoring skill. (3) complete classical students learning result with 81% in percentage with the average of  84,56 or in accordance with 2013 curriculum with an average of 3,38. (4) the relationship of metacognition skill with study result that have a very strong correlation of 0,984. (5) the students response is expressed very effectively with percentage of students who answered "Yes" more than 70% expressed chemistry learning to be very pleasant and  motivated to learn chemistry. 

Keywords : Direct Instruction, Metacognition Skills, Salt Hydrolysis, Students Response.

 

Published
2016-06-28
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 43