POLA PERGESERAN KONSEPSI SISWA BERBASIS MODEL MENTAL ATRIBUT PEMAHAMAN WACANA DENGAN STRATEGI MEMBACA RECIPROCAL TEACHING PADA KONSEP IKATAN KIMIA (THE PATTERNS OF STUDENT’S CONCEPTION BASED ON COMPREHENSION TEXT MENTAL MODEL WITH RECIPROCAL TEACHING READING STRATEGIES ON THE CONCEPT OF CHEMICAL BONDING)

  • ROCHMAH DILLAH

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pola pergeseran konsepsi siswa berbasis model mental atribut pemahaman wacana pada konsep ikatan kimia setelah proses remediasi menggunakan strategi membaca reciprocal teaching.  Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Status miskonsepsi ditetapkan menggunakan soal konsep yang disertai certainty of response index (CRI). Penetapan  tingkat pemahaman wacana rendah menggunakan tes model mental atribut pemahaman wacana. Analisis data menggunakan Wilcoxon’s signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan konsepsi siswa sebelum remediasi adalah tahu konsep sebesar 45,10%, tidak tahu konsep sebesar 7,06%, dan miskonsepsi sebesar 47,84%. Setelah remediasi, konsepsi dari tujuh belas siswa mengalami pergeseran menjadi tahu konsep sebesar 71,77%, tidak tahu konsep sebesar 1,96%, dan miskonsepsi sebesar 26,27%. Berdasarkan hasil Wilcoxon’s signed rank test, pembelajaran remedial menggunakan strategi membaca reciprocal teaching dapat merubah konsepsi siswa berpemahaman wacana rendah (menaikkan jumlah siswa tahu konsep dan menurunkan jumlah siswa yang berada pada pemahaman tidak tahu konsep dan miskonsepsi) secara signifikan pada konsep ikatan kimia.

Kata Kunci: remediasi, pola pergeseran konsepsi, pemahaman wacana.

The main of this research is to know the patterns of student’s conception based on comprehension text mental model on the concept of chemical bonding after remediation with reciprocal teaching reading strategies. Research design was used one group pretest-posttest design. Student’s conception status defined use concept’s question is accompanied certainty of response index (CRI). Student’s low comprehension text was determinated by using an mental model of comprehension text’s test. Data analysis used in this research was Wilcoxon’s signed rank test. The results showed that student’s conception before remediation are know concept by 45,10%,  not know the concept by 7,06%, and misconception by 47,84%. After remediation, student’s conception shifted into know concept by 71,77%, not know the concept by 1,96%, and misconception by 26,27%. Based on the results of the Wilcoxon’s signed rank test, remediation with reciprocal teaching reading strategies can shift student’s conception who have low comprehension text (increasing student’s know concept and decreasing student’s not know concept and misconception) significantly on the concept of chemical bonding.

Keywords: remediation, shifting conception, comprehension text.

Published
2016-06-28
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 59