PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LAMONGAN (IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE TWO STAY TWO STRAY ON ELECTROLYTE AND NONELECTROLYTE SOLUTION TOPIC TO TRAIN COMMUNICATION SKILL STUDENT X GRADE SMA NEGERI 2 LAMONGAN)

  • ALIF FATIN FADHILAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan sintaks pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan aktivitas siswa serta melatihkan keterampilan komunikasi siswa meliputi kuantitas dan kualitas bertanya serta berpendapat. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 SMAN 2 Lamongan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah One Shoot Case Study. Hasil penelitian menunjukkan kuantitas bertanya siswa pada pertemuan 1 hingga 3 berturut–turut sebesar 56,10%; 85,36%; dan 97,56%; dan kuantitas berpendapat siswa sebesar 100,00% pada ketiga pertemuan. Kualitas bertanya siswa pada pertemuan 1 hingga 3 dengan predikat sangat buruk berturut–turut sebesar 43,90%; 14,63%; dan 2,44% %; predikat buruk secara berurutan sebesar 14,63%; 29,28%; dan 29,28%; predikat cukup pada pertemuan 1 hingga 3 sebesar 0,00%; predikat baik secara berurutan sebesar 39,02%; 41,46%; dan 51,22%; dan predikat sangat baik secara berurutan sebesar 2,44%; 14,63%; dan 17,07%. Kualitas berpendapat siswa dengan predikat sangat buruk pada pertemuan 1 hingga 3 sebesar 0,00%; predikat buruk pada pertemuan 1 hingga 3 secara berurutan sebesar 31,71%; 12,20%; dan 4,88%; predikat cukup berturut-turut sebesar 21,95%; 31,71%; dan 12,20%; predikat baik secara berurutan sebesar 31,71%; 24,39%; dan 31,71%; dan predikat sangat baik secara berurutan sebesar 14,63%; 31,71%; dan 51,22%.

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS), larutan elektrolit dan nonelektrolit, keterampilan komunikasi.

 

The aims of this study are to determine the feasibility of learning, student activities, and student communication skill including asking and contribute ideas. The subjects were students of class X MIA 3 SMAN 2 Lamongan. This study is a quantitative descriptive with design One Shoot Case Study. The study shows that the asking quantity at the meeting 1 until 3 in a row are 56,10%; 85,36%; and 97,56%; and the contribute ideas quantity are 100,00% for all meeting. The asking quality with very bad predicate at the meeting 1 until 3 in a row are 43,90%; 14,63%; and 2,44% %; bad predicate in a row are 14,63%; 29,28%; and 29,28%; enough predicate for all meeting are 0,00%; good predicate in a row are 39,02%; 41,46%; and 51,22%; and very good predicate in a row are 2,44%; 14,63%; and 17,07%. The contribute ideas quality with very bad predicate for all meeting are 0,00%; bad predicate at the meeting 1 until 3 in a row are 31,71%; 12,20%; and 4,88%; enough predicate in a row are 21,95%; 31,71%; and 12,20%; good predicate in a row are 31,71%; 24,39%; and 31,71%; and very good predicate in a row are 14,63%; 31,71%; and 51,22%.

Keywords: cooperative learning model with  two stay two stray (TSTS) type, electrolyte and nonelectrolyte solution, communication skill.

Published
2016-06-28
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 33