KELAYAKAN PERMAINAN TIGER CHEMISTRY SEBAGAI SARANA BERLATIH SISWA (DRILL) PADA MATERI ATOM, ION, DAN MOLEKUL (ELIGIBILITY OF TIGER CHEMISTRY GAMES AS STUDENTS INSTRUCTIONAL MEDIA AT MATERIAL OF ATOMS, IONS, AND MOLECULES)

  • FAFAN Feri FERI ISHAQ Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya
  • Achmad Lutfi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan permainan Tiger Chemistry yang dikembangkan pada materi atom, ion, dan molekul. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R&D) yang terdiri dari tahap studi pendahuluan, tahap studi pengembangan, dan pengujian produk. Penelitian ini dibatasi hanya sampai studi pengembangan yaitu pada uji coba terbatas. Media ini ditelaah oleh 5 ahli media dan divalidasi oleh 1 orang ahli media dan 2 guru IPA serta diujicobakan pada 14 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Balong Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan Tiger Chemistry berbasis komputer pada materi pokok atom, ion, dan molekul yang dikembangkan layak digunakan pada proses belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil penilaian ahli media dan guru IPA sebesar 80,36 %, yang ditinjau dari aspek kesesuaian format media dan kualitas tampilan media. Sedangkan respon siswa sebesar 100 %, yang ditinjau dari aspek kesesuaian format media, kualitas tampilan media, dan ketertarikan siswa.

 

Kata Kunci : Permainan Tiger Chemistry, atom, ion, dan molekul

 

Abstract : The aims of this research is to determine the eligibility of Tiger Chemistry games that developed on the subject matter of atoms, ions, and molecules. This type of research, including research and development (R&D) consisting of the preliminary study stage, the development study stage, and product testing. This research limited to the development of studies on limited testing. Media was analyzed by five media experts and validated by one media expert and two science teachers and tested to 14 students in 8th grade of  SMP Negeri 1 Balong Ponorogo. The results showed that the Tiger Chemistry games media on the computer-based subject matter of atoms, ions, and molecules that are developed on the proper use of student learning. It is shown from the results of assessment of the experts media and science teachers at 80.36%, which is reviewed from the aspect of media format compatibility and quality of media display. While student responses at 100%, which is reviewed from the aspect of media’s format compatibility, the quality of the display media, and interested students

Key words: Tiger Chemistry game, atoms, ions, and molecules

Published
2012-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 86