PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS DENGAN STRATEGI BEACH BALL PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SMAN 22 SURABAYA (IMPLEMENTATION OF CLASS DISCUSSION LEARNING MODEL WITH BEACH BALL STRATEGY ON SUBJECT MATTER OF ELECTROLYTE

  • HENNY Nury NURY FARIZA Jurusan Kimia FMIPA UNESA

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran diskusi kelas dengan strategi Beach Ball pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit di kelas X SMAN 22 Surabaya. Sasaran penelitian adalah siswa kelas X-3 sebanyak 38 siswa. Rancangan penelitian menggunakan metode One-shot Case Study yang dilaksanakan dalam dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa paling dominan pada pertemuan I adalah  mendengarkan penjelasan guru sebesar 16,67%, sedangkan pada pertemuan II  adalah melakukan diskusi kelas sebesar 22,22%. Hal tersebut didukung dengan adanya pengelolaan pembelajaran yang baik tiap pertemuan dengan rentang skor 3,0-3,6. Ketuntasan  belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari 86,84% pada pertemuan I menjadi 94,73% pada pertemuan II.

 

Kata kunci: Model pembelajaran diskusi kelas, Strategi Beach Ball, larutan elektrolit dan non elektrolit

Abstract : This research is to describe the student’s activity and student’s mastery learning by using implemented class discussion learning model with Beach Ball strategy on subject matter of electrolytes and non-electrolyte solution in class X SMAN 22 Surabaya. The target of this research is student in X-3 class who number in 38 students. This research utilizing the One-Shot Case Study design that executed in two meeting. This research shows that the most dominant student activity on the 1’st meeting is listen to the teacher’s explanation considerable of 16.67%, while on the 2’nd meeting do discussion considerable of 22.22%. This is supported with the existence of good learning administration for every meeting with  extented score 3,0-3,6. The student’s mastery learning classicaly has increasing, considerable of 86,84% in the 1’st meeting  to be 94,73% in the 2’nd meeting

 

Key words: Class discussion learning model, Beach Ball strategy, electrolyte and non-electrolyte solution

Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 45