PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL PADA BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMPLB TUNARUNGU (DEVELOPMENT OF STUDENT WORK SHEET BASED CONTEXTUAL ON CHEMICALS IN DAILY LIFE FOR STUDENTS VIIITH IN SMPLB DEAF)

  • HALIMATUS ZAHROH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan LKS berbasis kontekstual pada materi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta mendeskripsikan respon siswa setelah menggunakan LKS berbasis kontekstual. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pangembangan (R&D). Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, lembar validasi, dan angket respon siswa. LKS diujicobakan secara terbatas pada 3 siswa Tunarungu di SMPLB Negeri Gedangan Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran pada materi bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut ditunjukkan dari penilaian validasi dengan rentang presentase sebesar 80%-100% ditinjau dari kriteria isi, 80%-86,66% dari kriteria bahasa dan 80%-93,33% penyajian. Hasil respon siswa menunjukkan respon positif dengan rentang presentase sebesar 66,66%-100%.

Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), tunarungu, bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.

 

This study aimed to describe the feasibility of student work sheet based contextual on chemicals material in daily life and to describe feasibility of student work sheet based on the response of students after using student work sheet based contextual. The types of this study is research development (R&D). The instruments used were study sheet, validation sheet, and the student responses questionnaire. Student work sheet exercised limited to three deaf students in SMPLB GedanganSidoarjo. The result of this study showed that the student work sheet based contextual proper to used as a learning tool on chemicals material in daily life. This is shown from validation ratings between gets a percentage of 80%-100% in terms of the criteria of content, 80%-86,66%  criteria of language, and 80%-93,33% and criteria of presentation. The results of student responses indicate a positive response with between gets a percentage of 96,15%.

Keywords :student work sheet, deaf, chemicals in daily life

Published
2016-10-07
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 49