PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DI SMAN 12 SURABAYA (IMPLEMENTATION GUIDED INQUIRYMODEL LEARNING ON ACID-BASE MATERIAL TO TRAIN CRITICAL THINKING SKILLS OF 11th GRADE STUDENTS IN SMAN 12 SURABAYA)

  • LAILA NOVIEKA PARWATININGSIH

Abstract

Abstrak

Rancangan  penelitian yang digunakan adalah penelitian Pra Eksperimen yaitu penelitian yang hanya menggunakan satu kelas untuk dijadikan subjek penelitian tanpa adanya kelas pembanding dengan pola “One Group Pretest and Posttest Design”. Penelitian ini bertujuan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan asam basa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa metode tes yang terdiri dari pretest dan posttest, yang dalam tes tersebut mencakup soal tingkat berpikir kritis. Data berpikir kritis didukung oleh keterlaksanaan model pembelajaran yang berlangsung selama 3 kali pertemuan dengan kategori sangat baik yaitu dengan rata-rata nilai keterlaksanaan berturut-turut 86.40%, 90.90%, dan 96.29%. Nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis menunjukkan peningkatan hasil pretest dan posttest yaitu 1.29 dan 3.06. Hasil tersebut juga didukung oleh perolehan nilai n-gain sebesar 0.65 dengan kategori sedang. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis pada saat pretest dalam interpretasi sebesar 1.59, analisis sebesar 1.15, dan inferensi sebesar 1.12 sedangkan pada saat posttest aspek interpretasi sebesar 2.91, analisis sebesar 3.10, dan inferensi sebesar 3.17. Aktivitas siswa juga mendukung proses pembelajaran dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Asam dan Basa, dan Keterampilan Berpikir Kritis

 

The research programme that was used is the Pre Experimental research that only uses one class to be used as research subjects without their grade comparison with the design of “One Group Pretest and Posttest Design”. The aim of this research is to know the critical thinking skill in students after application the guided inquiry learning in mode acid base solution materials.  The metode that was used to collect data was tes metode which contains of pretest and posttest, which also include the questions about critical thingking. This results of critical thingking supported by implementation of learning model applied during three meetings with the category very good that the average value of learning implementation respectively is 86.40%, 90.90%, and 96.29%. The average score of the critical thingking ability shows the escalation of pretest and posttest results, they are 1.29 and 3.06 in a row. Those result were also supported by the acquisition of n-gain score which is 0.65 with medium category. The average score of critical thinking ability in pretest for interpretation aspect is 1.59, 1.15 for analysis aspect, and 1.12 for inference. While in posttest the students got average score 2.91 for interpretation aspect, 3.10 for analysis, and 3.17 for inference. The student activity also support learning into train students critical thingking skills.

Keywords: Guided Inquiry Learning Mode, Acid Base, and Critical Thingking Skill.

Published
2016-10-07
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 37