THE DEVELOPMENT OF CRITICAL THINKING WORKSHEET ON THERMOCHEMISTRY TOPIC FOR STUDENT GRADE XI INTERNATIONAL STANDARD SENIOR HIGH SCHOOL

  • SULISTININGSIH Chemistry Department FMIPA, Surabaya Sate of University
  • Harun Nasrudin

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan mengetahui kelayakan worksheet yang dikembangkan serta respon siswa setelah menggunakan worksheet yang dikembangkan. Kelayakan worksheet ditinjau dari penilaian terhadap kesesuaian isi, penyajian, dan kegrafisan oleh ahli materi serta kesesuaian kebahasaan oleh ahli bahasa. Rancangan penelitian mengacu pada model 4-D, tetapi tahap penyebaran tidak dilakukan. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, lembar validasi, dan lembar angket respon siswa. Telaah dilakukan oleh dua orang dosen kimia sebagai ahli materi serta satu orang dosen kimia sebagai ahli materi dan ahli bahasa. Validasi dilakukan oleh satu orang dosen kimia dan dua orang guru kimia sebagai ahli materi serta satu orang dosen kimia sebagai ahli bahasa. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 15 siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 2 Kediri. Metode analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa worksheet yang dikembangkan layak digunakan karena dengan presentase kriteria kesesuaian isi 86,67 %; kriteria kesesuaian penyajian 89,1%; kriteria kesesuaian kegrafisan 95,24%; dan kriteria kesesuaian kebahasaan 75 %. Siswa memberikan respon positif terhadap worksheet yang dikembangkan dengan presentase penilaian siswa terhadap kriteria isi 86,67%; kriteria kebahasaan76,67%; kriteria penyajian80%; dan kriteria kegrafisan 90%.

Kata kunci: berpikir kritis, worksheet, Termokimia, kelayakan

The aims of this research are to know the worksheet feasibility and response of students. The feasibility of worksheet are determined based on the review and validation of content suitability, presentation, and graphical by material expert and the language suitability by language expert. The research design refer to four-D models, but the disseminate steps is not done. The instruments are review sheet, validity sheet, and students’ response questioner. Validity has been done by one chemistry lecturer and two chemistry teachers as a material expert and one chemistry lecturer as a language expert. The limited try out by 15 students of class XI IPA 6 SMA Negeri 2 Kediri. A method of data analysis was done descriptively. The result showed that the worksheet have been developed competent to use since has met expediency criteria for suitability of content is 86,67 %; criteria for suitability of presentation 89,1%; criteria for suitability of graphical 95,24%, and criteria for suitability of language 75 %. Students’ give a positive response which the percentage of worksheet content 86,67%; worksheet language 76,67%; worksheet presentation 80%; and worksheet graphical 90%.

Key words: critical thinking, worksheet, Thermochemistry, Feasibility

Published
2012-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 48