PENERAPAN LKS BERBASIS LITERASI SAINS MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA SUBMATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI (IMPLEMENTATION OF SCIENCE LITERACY WORKSHEET THROUGH GUIDED INQUIRY MODEL TO INCREASED STUDENTS’ SCIENCE LITERACY ON REACTION RATE FACTORS SUBTOPIC)

  • IKE FERINA NISFIATIN RAMDANIYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dengan submateri faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi saat diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Kemampuan literasi sains yang dilatihkan hanya 3 kompetensi literasi sain: (1) menjelaskan fenomena ilmiah, (2) mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, (3) menafsirkan data dan bukti ilmiah. Jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Desain penelitian menggunakan “One-Group Pretest-Posttest Design”. Subjek penelitiannya siswa kelas XI MIA 2 SMAN 1 Driyorejo Gresik berjumlah 38 siswa. Instrumen dari penelitian ini lembar soal tes literasi sains. Hasil pretest dan posttest terjadi peningkatan disetiap kompetensi literasi sains, yaitu (1) menjelaskan fenomena ilmiah terjadi peningkatan 0,64 dengan kriteria sedang, (2) mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah terjadi peningkatan 0,64 dengan kriteria sedang (3) menafsirkan data dan bukti ilmiah terjadi peningkatan 0,78 dengan kriteria tinggi.

Kata kunci: literasi sains, faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

The purpose of this research is to increased the students’ ability of science literacy  when applied on a guided inquiry learning model in the reaction rate factors subtopic. Science literacy skills that are trained in this study is only three science literacy competencies: (1) explaining scientific phenomena, (2) evaluating and designing scientific investigations,(3) interpreting the data and scientific evidence. This type of research is descriptive quantitative. The study design using the "One-group pretest-posttest design". The subjects were 38 students of class XI MIA 2 SMAN 1 Gresik Driyorejo. The instrument of this study is the paper-test of student’s scientific literacy. Results pretest and posttest of students’ increased in every science literacy competencies, (1)  explaining scientific phenomena an increase of 0.64 with the criteria being, (2) evaluating and designing scientific investigations increased to 0.64 with the criteria being (3) interpreting the data and scientific evidence of an increase of 0.78 with high criteria.

Keywords: scientific literacy, the reaction rate factors subtopic

Published
2017-03-14
Abstract Views: 412
PDF Downloads: 552