PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 1 MANYAR GRESIK (IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL TO TRAIN SCIENTIFIC LITERACY SKILLS STUDENTS IN THE CHEMICAL EQUILIBRIUM TOPIC XI GRADE AT SMAN 1 MANYAR GRESIK)

  • DESYRULA AFFANDY CITRA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, kemampuan literasi sains, hasil belajar, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian ini adalah 31 siswa kelas XI di SMAN 1 Manyar Gresik. Metode pengumpulan data yaitu metode pengamatan, tes, dan angket. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Keterlaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata 4,63; 4,69; dan 4,33 termasuk kategori sangat baik. (2) Siswa telah menggunakan persentase waktu 14,84%; 21,75%; dan 15,63% untuk berlatih kemampuan literasi sains  meliputi menjelaskan fenomena ilmiah, mengevaluasi dan mendesain penyelidikan ilmiah, serta menafsirkan data dan bukti ilmiah. (3) Hasil kemampuan literasi sains siswa mengalami peningkatan secara berturutan dari pretest menjadi posttest yaitu 4% menjadi 0% dibawah level 1, 22,6% menjadi 0% level 1, 48,4% menjadi 22,6% level 2, 16,1% menjadi 32,3% level 3, 0% menjadi 35,5% level 4 dan 0% menjadi 9,7% level 5. (4) Hasil belajar siswa pada pretest 12,9% tuntas, 87,09% tidak tuntas dan pada pottest 87,09% telah tuntas 12,9% belum tuntas. (5) Siswa memberikan respon positif penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatihkan kemampuan literasi sains.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, literasi sains, kesetimbangan kimia

 This study is aimed to describe the learning feasibility,students activities, the student’s ability of science literacy, learning outcame, and response of students to the implementation of guided inquiry in the chemical equilibrium topic. This study uses a Pre-Experimental Design with One-Group Pretest-Posttest Design. This study target is student XI grade at SMAN 1 Manyar Gresik. Data collecting method is observation, test, and questionnaire method. The result of this research were (1) The learning  feasibility have the average was 4.63; 4.69; and 4.33 with the very good category. (2) Student have been using the percentage of time 14.84%; 21,75%; and 15.63% for train scientific literacy skills include explain scientific phenomena, evaluating and designing scientific investigations, and intrepet the data and scientific evidence. (3)The result of the scientific literacy skills student have increased from pretest to posttest that 0% to be 4% under level 1, 0% to be 22.6% level 1, 48.4% to be 22.6% level 2, 16.1% to be 32.3% level 3, 0% to be 35.5% level 4, and 0% to be 9.7% level 5. (4)The students learning outcame pretest showed that 12.9% finished completed and 87.09% not yet finished completed and posttest that 87.09% finished completed and 12.9% not yet finished completed. (5)Students give a positive response to the guided inquiry learning model to train scientific literacy skills.

Keywords: guided inquiry, scientific literacy, chemical equilibrium

Published
2017-03-14
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 82