PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LAJU REAKSI (IMPLEMENTATION OF LEARNING CYCLE 7E MODEL TO IMPROVE SCIENCE PROCESS SKILLS IN MATTER OF REACTION RATE)

  • WAHYUNI ROHANIYAH

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlaksanaan, keterampilan proses sains, dan respon siswa menggunakan model learning cycle 7E pada materi laju reaksi. Keterampilan proses sains yang ditingkatkan yaitu mengamati, merumuskan masalah, menyusun hipotesis, mengidentifikasi variabel, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyimpulkan. Jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif, dengan desain penelitian “One-Group Pretest-Posttest Design”. Subjek dalam penelitian ini yaitu 35 siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu (1) lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran learning cycle 7E, (2) lembar observasi keterampilan proses sains siswa, (3) soal pretest dan posttest keterampilan proses sains, (4) angket respon siswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) Keterlaksanaan model learning cycle 7E untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi laju reaksi mendapat kategori sangat baik dan baik, yang ditunjukkan dengan perolehan persentase rata-rata keterlaksanaan  pada fase 1 sebesar 84,71%; fase 2 sebesar 97,25%; fase 3 sebesar 100%; fase 4 sebesar 100%; fase 5 sebesar 72,25%; fase 6 sebesar 100%; fase 7 sebesar 83,33%. (2) Peningkatan keterampilan proses sains berhasil dilakukan. Keberhasilan ini ditinjau dari perolehan N-gain dan uji t. Hasil N-gain menunjukkan bahwa sebanyak 40% siswa mendapatkan kategori tinggi dan 60% siswa N-gain kategori sedang. Nilai signifikansi yang diperoleh dari hasil uji t sebesar 0,000. Hasil uji t ini mengartikan bahwa ada perbedaan nilai keterampilan proses sains yang signifikan setelah penerapan model learning cycle 7E. (3) Respon siswa setelah diterapkan model learning cycle 7E untuk meningkatkan keterampilan proses sains sangat baik karena memperoleh skor ≥ 61%.

Kata kunci: learning cycle 7E, keterampilan proses sains, laju reaksi

The aim of this research is to describe feasibility, science process skills, and response of the student used learning cycle 7E model in matter of reaction rate. Science process skills that will be improved are observing, formulate problems, compiling hypothesis, identify variables, collecting data, analyzing data, and concluded. This type of research is descriptive quantitative, with research design "One-group pretest-posttest design". The subject of this research is 35 students in class XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. The research instruments are observation sheets of feasibility learning cycle 7E model, observation sheets science process skills, pretest and posttest of science process skills, response of the student questionnaire. The results showed that (1) Implementation of learning cycle 7E model to improve science process skills in matter of reaction rate was very well and good with average the percentage at the phase 1 of 84,71%); phase 2 of 97,27%; phase 3 of 100%; phase 4 of 100%; phase 5 of 72,25%; phase 6 of 100%; phase 7 of 83,33%. (2) Improved science process skills successfully. Success of improving science process skills based on N-gain and t test. N-gain Results showed that 40% of students obtain N-gain with high category and 60% of students obtain N-gain in the medium category. The significance value obtained from the t test of 0.000, it shows that there is a significant difference to the value of science process skills after implementation of learning cycle 7E model. (3) Response of the students after implementation of learning cycle 7E model to improve science process skills is very good for getting a score of ≥ 61%.

Key words: learning cycle 7E, science process skills, reaction rate


Published
2017-07-13
Abstract Views: 155
PDF Downloads: 239