PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING YANG DIPADUKAN DENGAN NESTED UNTUK MEMBANGUN KONSEPSI LAJU REAKSI BAGI SISWA BERGAYA BELAJAR AKTIF (IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL INTEGRATED WITH NESTED TO BUILD THE CONCEPT OF REACTION RATE FOR STUDENTS IN ACTIVE LEARNING STYLE)

  • IFFAH KIKI ANGGRAINI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun konsepsi laju reaksi bagi siswa bergaya belajar aktif. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest dengan pemberian pretest dan posttest sebanyak satu kali. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa bergaya belajar aktif kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 22 Surabaya dengan jumlah siswa setiap kelas adalah 24 dan 26 orang. Data hasil pretest, posttest kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas kolmogorov-smirnov test. Berdasarkan uji tersebut data   pretest-posttest pemahaman konsep kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 teridentifikasi berdistribusi normal, sehingga metode statistik yang digunakan adalah parametrik yaitu uji t dengan taraf kepercayaan 95% (signifikasi 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase siswa yang berstatus tahu konsep di kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 sesudah pembelajaran berturut-turut sebesar 80,14%, 82,04%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing mampu membangun konsepsi laju reaksi bagi siswa bergaya belajar aktif.

Kata Kunci:  inkuiri terbimbing, membangun konsep, gaya belajar aktif, dan laju reaksi.

 This study aims to build a conception of reaction rates for active-style learning students. This research uses one group pretest-posttest design with pretest and posttest giving once. The sample in this study is the active learning style students of class XI MIA 1 and XI MIA 2 SMA Negeri 22 Surabaya with the number of student each class is 24 and 26 people. Data pretest results, posttest and then analyzed using the test of normality kolmogorov-smirnov test. Based on the test, pretest-posttest data on the understanding of the concept of XI class MIA 1 and XI MIA 2 were identified as normal distribution, so the statistical method used was parametric, t test with 95% confidence level (significance 0,05). The results showed that there was an increase in the percentage of students who know the concept in class XI MIA 1 and XI MIA 2 after learning in a row equal to 80.14%, 82.04%. Based on the results of this study can be concluded that guided inquiry learning is able to build a conception of reaction rates for active-style learning students.

Keywords:guided inquiry, build concept, active learning style, and reaction rate

Published
2017-07-13
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 40