PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMUNIKASI TOTAL (KOMTAL) PADA MATERI ZAT ADITIF UNTUK SISWA TUNARUNGU DI SMALB-B (DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MULTIMEDIA BASED TOTAL COMMUNICATION ON MATERIAL ADDITIVES TO DEAF STUDENT IN SMALB-B)

  • SANTI EKA MUFIDAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif (MMI) berbasis komunikasi total (komtal) yang layak ditinjau secara teoritis berdasarkan hasil validasidan secara empiris berdasarkan aktivitas siswa, respon siswa, dan evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) yang dibatasi sampai pada tahap uji coba terbatas. MMI berisikan materi dan gambar contoh zat aditif, animasi, latihan soal, evaluasi, dan video komtal. Sumber data diperoleh dari dosen kimia, dosen PLB, guru IPA SMALB, dan lima siswa tunarungu kelas X sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan yaitu lembar telaah, validasi, observasi aktivitas siswa, angket respon siswa dan evaluasi yang ada dalam MMI.Hasil validasi MMI pada kriteria isi, kebahasaan, dan penyajian berturut-turut memperoleh rentang 86,67% - 100%; 80% - 86,67%; dan 80% -93,33%. Hasil observasi aktivitas siswa, angket respon siswa berturut-turut memperoleh rentang  85% - 96%; 80% - 100%, serta hasil evaluasi siswa menunjukkan hasil yang baik yaitu hanya 1 siswa yang tidak memenuhi KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 80%, sehingga MMI dapat dikatakan layak secara teoritis dan empiris dengan kriteria baik dan sangat baik.

Kata Kunci: MMI, Komtal, Zat aditif, Tunarungu.

The aim of this research to develop the feasible of interactive multimedia (MMI) based total communication in terms theoreticalis from the result of validation, then empiricalis from the students’ activities,students’ responds, and evaluation. This is a research and development (R & D) type of research, which is limited in testing during the development stages.ThisMMI containing materials andexample image of additives, animations, exercises, evaluations, and video komtal.Data were collected through a chemistry lecturer, PLB lecturer, SMALB  science teacher, and five deaf students class X as research subjects. The instrument used are evaluation and validation sheet, students’ activitie, students’ responds, and evaluation on MMI. The validation result of MMI in content criteria, language, and presentation successively obtained ranges 86,67% - 100%; 80% - 86,67%; and 80% - 93,33%. The students’ activities observation, questionnaire responses of student successively obtained ranges 85% - 96%, 80% - 100%, then the evaluation showed good results, only one student who does not comply the KKM, and the classical mastery as 80%, so it can be declared feasible based of theoretical and empirical with appropriate and very appropriate catagory.

Keywords: MMI, Total Communication, Additives, Deaf

Published
2017-07-14
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 51