MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA PADA  MATERI ASAM BASA (PROBLEM SOLVING LEARNING MODEL TO TRAIN STUDENT METACOGNITIVE SKILLS ON ACID BASE)

  • RAHMA NUZULUL LAILA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan kemampuan metakognitif siswa terhadap model pembelajaran problem solving pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI IPA di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pengamatan, tes, dan angket. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Keterlaksanaan sintaks model pembelajaran problem solving untuk melatihkan keterampilan metakognitif siswa pada materi asam basa di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik pada pada setiap pertemuan 78,13%; 84,38%; dan 84,38% dengan kategori sangat baik. (2) Keterampilan metakognitif siswa menjadi terlatih dari hasil pretest yang semula 27,31 pada planning skills; 38,19 pada moitoring skills; dan 22,11 pada evaluating skills menjadi 80,21 pada planning skills; 86,46 pada monitoring skills; dan 79,82 pada evaluating skills berdasarkan nilai posttest. Hal tersebut didukung dengan hasil angket inventori metakognitif sebesar 81,05 pada planning skills; 86,81 pada monitoring skills; dan 82,42 pada evaluating skills.

Kata kunci: model pembelajaran problem solving, keterampilan metakognitif, asam basa

 

Published
2017-07-14
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 139