MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI ASAM BASA (PROBLEM SOLVING LEARNING MODEL TO TRAIN STUDENT METACOGNITIVE SKILLS ON ACID BASE)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan kemampuan metakognitif siswa terhadap model pembelajaran problem solving pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI IPA di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pengamatan, tes, dan angket. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Keterlaksanaan sintaks model pembelajaran problem solving untuk melatihkan keterampilan metakognitif siswa pada materi asam basa di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik pada pada setiap pertemuan 78,13%; 84,38%; dan 84,38% dengan kategori sangat baik. (2) Keterampilan metakognitif siswa menjadi terlatih dari hasil pretest yang semula 27,31 pada planning skills; 38,19 pada moitoring skills; dan 22,11 pada evaluating skills menjadi 80,21 pada planning skills; 86,46 pada monitoring skills; dan 79,82 pada evaluating skills berdasarkan nilai posttest. Hal tersebut didukung dengan hasil angket inventori metakognitif sebesar 81,05 pada planning skills; 86,81 pada monitoring skills; dan 82,42 pada evaluating skills.
Kata kunci: model pembelajaran problem solving, keterampilan metakognitif, asam basa
PDF Downloads: 139