PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS PADA MATERI HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI (DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET TO IMPROVE SCIENCE LITERACY SKILLS IN HYDROCARBON AND CRUDE OIL MATTER)

  • DYAH AYU WARDANI
  • MITARLIS

Abstract

Telah dilakukan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk meningkatkan keterampilan literasi sains pada materi hidrokarbon dan minyak bumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari LKPD yang dikembangkan. Prosedur penelitian yang dilakukan mengikuti langkah pengembangan produk oleh Thiagarajan yaitu model 4-D (four-D) yang dibatasi hanya sampai dengan tahap develop (pengembangan). Kelayakan LKPD ditinjau dari aspek validitas diperoleh berdasarkan hasil penilaian oleh validator ahli. Hasil validasi oleh ahli memperoleh penilaian sebesar 83,33% pada kriteria validitas isi dan 81,94% pada kriteria validitas konstruk dengan kategori sangat valid. Kelayakan dari aspek kepraktisan ditinjau dari respon peserta didik yang mendapatkan respon positif sebesar 95,55% dengan kategori sangat praktis didukung dengan hasil observasi aktivitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan LKPD diperoleh rata-rata total persentase sebesar 98,39% dengan interpretasi sangat baik. Kelayakan dari aspek keefektifan ditinjau dari hasil peningkatan hasil tes literasi sains peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0,78 dengan kategori tinggi.

Kata Kunci : Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), literasi sains, hidrokarbon dan minyak bumi

It has been done the development of Student Worksheet to improve skill of science literacy in hydrocarbon and crude oil matter. The main of the research is to determine the validity, practicality, and effectiveness of student worksheet to increase scientific literacy on hydrocarbon and crude oil mater. This research procedure uses product development step by Thiagarajan that is 4-D model (four-D) limited to development stage. The feasibility of LKPD in terms of validity is obtained based on validation assessment by validator. The validation value by the validator obtained the percentage of 83.33% on the criteria of content validity and 81.94% on the criteria of construct with very valid category. The feasibility of the practical aspect in terms of the responses of learners who get a positive response of 95.55% with a very practical category supported by the observation of student activities during learning using student worksheet obtained average percentage total of 98.39% with very good interpretation. The feasibility of effectiveness aspect evaluated from the result of science literacy test result value with N-Gain score of 0.78 with high category.

Keywords: Students Worksheet, science literacy, hydrocarbons and crude oil

Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 259