PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUB MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI (IMPLEMENTATION OF STUDENTS WORK SHEET BASED GUIDED INQUIRY IN IMPROVING STUDENT CRITICAL THINKING ON SUB MATERIALS FACTORS AFFECTING THE REACTION REVIEWS)

  • FANIDA MUNFARICHA
  • ISMONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar keterampilan berpikir kritis siswa, dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian didapatkan data: (1) keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pertemuan pertama sampai ketiga telah terlaksana sangat baik setiap pertemuannya. Persentase keterlaksanaan pembelajaran tiap pertemuan secara berturut-turut sebesar 91,67%; 86,90%; dan 92,26%. (2) persentase aktivitas siswa yang relevan lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas yang tidak relevan. (3) hasil belajar keterampilan berpikir kritis siswa meningkat dibuktikan dengan peningkatan skor <g> secara klasikal sebesar 0,73 dengan kriteria tinggi selama tiga pertemuan pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. (4) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing sangat baik yang dibuktikan dengan persentase respon positif untuk seluruh pertanyaan sebesar 94,65%. Hal ini menujukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan LKS berbasis inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

Kata kunci : Penerapan LKS Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis, Faktor-Faktor Laju Reaksi.

This study aims to describe the effectiveness of Student Work Sheet (LKS) based on guided inquiry to improve critical thinking skills of students of class XI SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo on factors affecting reaction rate. The type of this research is descriptive quantitative with “One-Group Pretest-Posttest Design” research design. The instruments that used for this research are observation sheet of the implementation of guided inquiry model, observation sheet of students activity, test sheet of students critical thinking study, and student response questionnaire. The results of the research are: (1) the implementation of guided inquiry learning model in the first to third meeting has been done very well every meeting. Percentage of learning activity of each meeting in a row 91,67%; 86.90%; and 92.26%. (2) the percentage of relevant student activity is higher than the irrelevant activity. (3) students learning achievement of students critical thinking skills increased as evidenced by a score increase of <g> in classical by 0.73 with high criteria for three meetings on factors affecting the reaction rate. (4) the students response to the implementation of the guided inquiry learning model is very good as evidenced by the percentage of positive response for all questions ≥90%. This shows that learning by applying LKS based on guided inquiry is effectively to improve students critical thinking skill on factors affecting reaction rate.

Keywords : Implementation Students Work Sheet Based on Guided Inquiry, Critical Thinking Skills, Factors of Reaction Rate.

Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 3
PDF Downloads: 46