PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA (IMPLEMENTATION PROBLEM SOLVING LEARNING MODEL TO TRAIN CRITICAL THINKING SKILLS ON REACTION RATE IN SENIOR HIGH SCHOOL GRADE XI)

  • GALUH AYU DIAN PRATIWI
  • UTIYA AZIZAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan keterampilan berpikir pada materi laju reaksi melalui model pembelajaran problem solving. Rancangan yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Waktu penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018.Tempat penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Jombang dengan subyek peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jombang yang berjumlah 33 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: : (1) Keterlaksanaan setiap langkah model pembelajaran problem solving untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi laju reaksi pada setiap langkah yaitu langkah 1 sebesar 79%; langkah 2 dan 3 sebesar 85%; dan langkah 4 sebesar 100% dengan kategori baik dan baik sekali. (2) Setiap indikator keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dilatihkan mendapatkan skor rata-rata yaitu interpretasi sebesar 91.79, analisis sebesar 77.27, evaluasi sebesar 88.06, inferensi sebesar 92.14. N-gain skor setiap indikator keterampilan berpikir kritis yang diperoleh dengan kriteria sedang dan tinggi.

Kata kunci: model pembelajaran problem solving, keterampilan berpikir kritis, laju reaksi.

The purpose of this research is to describe the implementation of learning, and critical thinking skills to the implementation of problem solving model in the reaction rate topic. The design used is One Group Pretest-Posttest Design. The time of the study was conducted in the odd semester of the academic year 2017 / 2018.Tempat this study was conducted in SMA Negeri 1 Jombang with subjects of students class XI IPA 1 SMAN 1 Jombang, amounting to 33 students. Methods of data collection using observation and test methods. This study obtained the following results: (1) The implementation of each step of the problem solving learning model to train students critical thinking skills on the reaction rate material at each step, namely step 1 of 79%; steps 2 and 3 by 85%; and step 4 of 100% with good category and excellent. (2) Each indicator of critical thinking skills of students who trained get an average score of interpretation of 91.79, analysis of 77.27, evaluation of 88.06, inference of 92.14. N-gain scores every indicator of critical thinking skills obtained with medium and high criteria

Keywords: problem solving learning model, critical thinking skill, reaction rate.

Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 165
PDF Downloads: 174