PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA SUB MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI (IMPLEMENTATION GUIDED INQUIRY MODEL TO TRAIN OF STUDENTS SCIENCE PROCESS SKILLS ON THE SUB-MATTER OF FACTORS AFFECTING THE RATE REACTIONS)

  • AL HARIYANTI
  • ISMONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian adalah One Group Pretest-Postest Design.Subjek penlitian yaitu 30 siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo, dengan instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar keterampilan proses sains, serta respon siswa.Hasil penelitian didapatkan data sebagai berikut : (1) Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga memperoleh kategori sangat baik dengan skorsecara berurutan 96,43%; 90,48%; dan 94,05%. (2) Aktivitas yang paling dominan terlihat adalah aktivitas melakukan percobaan dalam menggunakan alat dan bahan, sedangkan frekuensi aktivitas yang paling sedikit terlihat adalah aktivitas membaca fenomena..(3) Hasil belajar keterampilan proses sains meningkat, dengan n-gain komponen mengajukan pertanyaan, mengajukan hipotesis, merencanakan percobaan, dan menfasirkan/interpretasi secara berturut-turut sebesar 0,7; 0,75; 0,62; 0,75 dengan nilai gain 0,71 kriteria tinggi. (4) responpositif siswa terhadap pembelajaran sebesar 94,45% dengan kriteria sangat baik.Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing mampu melatihkan keterampilan proses sains pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

Kata Kunci:InkuiriTerbimbing, Keterampilan Proses Sains, Laju Reaksi.

The purpose of this research is to train science process skills of students the sub-matter of factors affecting the rate reactionswith the application of guided inquiry learning model. This type of research is One Group Pretest-Postest Design. Research subjects are 30 students of class XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo, with the instruments used are the observation sheet of learning activities, student activities, the results of learning science process skills, and student responses.The results of the research were obtained as follows: (1) The implementation of the inquiry learning model is guided in the first meeting to an excellent meeting with a score of 96.43%; 90.48%; and 94.05%(2) The most dominant activity seen is the activity of experimenting in the use of tools and materials, while the least visible activity frequency is the activity of reading the phenomenon. (3) The result of learning of science process skills increases, with component n-gain asking questions, proposing hypotheses, planning experiments, and interpreting / interpreting respectively by 0.7; 0.75; 0.62; 0.75 with a gain value of 0.71 high criterion(4) students positive responses to learning were 94.45% with very good criteria.This suggests that the guided inquiry learning model is able to trace the science process skills in the sub-matter of factors affecting the rate of reaction.

Keywords : Inquiry, Sciene Process Skill, Reaction Rate.

Published
2018-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 2
PDF Downloads: 985